Sukses

Bikin Bangga, Warga Lamongan Ini Sukses Buat Pesawat Jenis STOL Pesanan TNI AU

Kini pesawat yang sudah rampung dikerjakan itu dibawa pulang ke kampung halamannya, di Dusun Trongglonggong, Desa Sumberagung, Kecamatan Modo.

Liputan6.com, Lamongan - Kota Lamongan bukan hanya dikenal sebagai kota soto dan pecel lele. Suyanto alias Heri Santoso membuktikan kalau warga Lamongan juga jago ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk dalam hal pembuatan pesawat terbang. 

Suyanto berhasil merampungkan pembuatan pesawat jenis STOL (Short Take-Off and Landing). Proyek ini dia kerjakan di kampung halaman sang istri, di Dusun Nambo, Desa Cintajaya, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kini pesawat yang sudah rampung dikerjakan itu dibawa pulang ke kampung halamannya, di Dusun Trongglonggong, Desa Sumberagung, Kecamatan Modo.

Dikutip dari TimesIndonesia, Kamis (16/12/2021), Suyanto menyatakan, seluruh proses pembuatan pesawat, mulai dari desain hingga pengerjaan dilakukan seorang diri. Sedangkan untuk bahan, hampir semuanya didatangkan dari luar negeri.

Suyanto membawa pulang pesawatnya dengan diangkut menggunakan truk. Bagian-bagian pesawat seperti sayap, baling-baling hingga roda dilepas agar lebih mudah untuk diangkut ke truk.

"Pesawat ini tiba di sini hari Minggu kemarin," kata Suyanto.

Suyanto mengungkapkan, pesawat buatannya itu sengaja dibawa pulang ke Lamongan karena ingin menunjukkan kepada orang tuanya, sekaligus agar bisa diresmikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) di tanah kelahirannya.

"Ini pesawat milik TNI AU. Rencananya akan diresmikan Kasau bulan Januari. Karena saya orang asli Lamongan, jadi saya merasa terpanggil. Jadi tidak ada salahnya saya terjun ke Lamongan," kata bapak dua anak tersebut.

Pesawat jenis STOL buatan Suyanto itu memiliki 2 kursi penumpang dan mampu terbang dengan kecepatan maksimal 200 kilometer per jam.

"Untuk kapasitas bahan bakar 80 liter, durasi terbang kurang lebih 4 jam penerbangan," tuturnya. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tunggu Uji Kelaikan

Menurut Suyanto, pesawat yang dibawa pulang itu sudah siap terbang, tinggal menunggu uji kelaikan dan pembuatan identitas pesawat.

"Saat ini semuanya masih dalam proses," kata pria berusia kepala 4 tersebut.

Lebih lanjut Suyanto mengatakan, pesawat jenis STOL bisa  lepas landas dan mendarat di medan yang tidak begitu luas sangat cocok untuk menjelajah pulau-pulai di Indonesia.

"Pesawat jenis ini sangat cocok untuk di Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Tidak membutuhkan landasan yang panjang, lapangan sepakbola saja sudah sangat cukup, bahkan terlalu panjang. Jadi sangat cocok untuk ke pulau-pulau," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.