Sukses

Peringatan HUT PGRI, Apa Upaya Bupati Tuban Sejahterakan Guru Honorer?

Liputan6.com, Tuban - Bupati Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan guru terutama honorer.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tuban ketika menghadiri puncak peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-76 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Graha Dwija, Kamis (16/12/2021).

Pada kesempatan ini, Aditya menyerahkan trofi dan piagam penghargaan kepada sejumlah guru atas prestasi yang diraih. Kegiatan tersebut tampak menerapkan disiplin protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah yaitu memakai masker, menjaga jarak, dilakukan cek suhu sebelum masuk ruangan dan lainnya sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona.

Dia menambahkan selama ini Pemkab Tuban intens berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Nasional perihal rekrutmen CPNS maupun PPPK. Kesempatan itu hendaknya dapat dimanfaatkan guru honorer agar dapat meningkatkan kesejahteraan guru.

Selain itu, Aditya juga menyampaikan pembangunan di Tuban menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat, termasuk guru. Dimana, insan pendidikan menjadi salah satu ujung tombak peningkatan Indeks Pembangunan Manusia.

“Pembangunan bidang pendidikan harus dikaji secara holistik. Pembahasan pendidikan harus dipandang dari berbagai aspek mulai dari perencanaan, sarana, prasarana, pendanaan maupun pengembangan SDM,” terangnya.

Lebih lanjut, Mas Bupati menerangkan pengembangan pendidikan di Kabupaten Tuban diarahkan agar dapat mengoptimalkan potensi Kabupaten Tuban. Selain itu, juga selaras dengan program pembangunan yang telah disusun.

Dinas Pendidikan, PGRI Tuban dan lembaga pendidikan diminta agar dapat mengembangkan soft skill siswa, baik melalui kurikulum pendidikan maupun kegiatan ekstrakurikuler. Tujuannya, agar siswa tidak hanya menguasai akademik, tetapi juga dibekali kemampuan teknis.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Mitra Startegis

Ketua PGRI Tuban Witono mengatakan, PGRI sebagai rumah belajar dan rumah yang nyaman bagi semua anggotanya. PGRI adalah mitra strategis Pemerintah dan Pemerintah Daerah dalam memajukan pendidikan dan menyelesaikan berbagai persoalan pendidikan dengan bijaksana.

“PGRI berkoordinasi kepada para penentu kebijakan untuk terus memperhatikan tenaga honorer, terutama terkait dengan kesejahteraan dan kepastian status dengan pemberian afirmasi yang berkeadilan dalam perekrutan guru ASN PPPK, melalui PGRI Provinsi,” ungkapnya.

Dia menambahkan keberadaan PGRI juga memfasilitasi honorer dengan pemetaan formasi PPPK untuk seleksi ASN PPPK tahap II. Serta terus berupaya untuk pengembangan SDM guru untuk meningkatkan mutu pendidikan selaras dengan program peningkatan Indeks Pembangunan Manusia di Tuban.