Sukses

Anak Gajah di KBS Mati Tanpa Sebab Jelas, Serangan Virus?

HRD KBS Rika Widiyasanti yang saat itu mendatangi Anas Karno juga membenarkan adanya anak gajah mati di KBS.

Liputan6.com, Surabaya - Seekor anak gajah anak gajah bernama Dumbo (2,5 tahun) di Kebun Binatang Surabaya mati tanpa sebab yang jelas.

"Kita tunggu hasil autopsi dan laboratorium. Nanti kita rillis," kata Dirut Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) Khoirul Anwar, Jumat (17/12/2021), dikutip dari Antara.

Khoirul Anwan enggan menjelaskan kapan tepatnya gajah tersebut mati. Namun, informasi yang diperolah, anak gajah tersebut mati sepekan lalu.

Wakil Ketua Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Surabaya Anas Karno mengatakan setelah mendapatkan informasi anak gajah mati, pihaknya langsung mendatangi KBS untuk mengonfirmasi manajemen KBS terkait kematian anak gajah.

"Tadi disampaikan pihak manajemen KBS membenarkan hal itu. Soal kapan anak gajah itu mati, belum disampaikan manajemen. Tadi hanya menyampaikan mati dan sekarang masih dalam proses  otopsi," katanya.  

HRD KBS Rika Widiyasanti yang saat itu mendatangi Anas Karno juga membenarkan adanya anak gajah mati di KBS.

Menurut dia, untuk saat ini pihaknya masih menunggu hasil laboratorium dan autopsi.

"Mohon bersabar, akan kami jelaskan saat rilis nanti. Soal kesalahan makanan tidak ada, dari sisi perawatan sudah baik. Secara prosedur, kami juga sudah laporkan ke pihak otoritas," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Satwa Dilindungi

Pemerhati satwa Singky Soewadji mengatakan informasi yang didapatkannya, bahwa anak gajah tersebut mati sepekan yang lalu.  

"Saya heran kenapa seluruh staf, medis dan petinggi di KBS menutupi kematian anak gajah ini?. Gajah merupakan satwa apendik satu yang dilindungi oleh undang-undang. Itu masuk pidana," katanya.

Bahkan, anehnya dari hasil autopsi yang diterimanya, lanjut dia, pembuluh darah anak gajah itu pecah dan diduga virus. Menurutnya, jawaban pihak manajemen KBS itu normatif.

"Kalau itu virus kenapa yang lain tidak kena?" katanya.

Anak gajah tersebut diberi nama Dumbo oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini yang saat itu masih menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. Dumbo lahir di Surabaya pada 22 Juli 2019.

Dumbo merupakan adik dari Gonzales dari asil perkawinan indukan gajah betina yang bernama Lembang dan indukan jantan yang bernama Doa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.