Sukses

Kerupuk Ikan hingga Macho, Oleh-oleh Khas Madura yang Wajib Dibawa Pulang

Kerupuk ikan menjadi salah satu kuliner favorit di Madura yang wajib dibawa pulang. Rasanya gurih dan enak. Kamu bisa membeli kerupuk ikan dalam kondisi matang maupun mentah.

Liputan6.com, Sumenep Jalan-jalan ke Jawa Timur rasanya belum puas kalau belum mencicipi kuliner khas Madura. Ada banyak jenis kuliner yang bisa kamu cicipi. Rasanya bisa bikin kamu ingin balik lagi ke Madura untuk sekadar menikmati kuliner khasnya.

Jangan lupa, ada orang rumah yang sedang menunggu kedatanganmu membawa oleh-oleh. Nah, kuliner yang kamu cicipi saat bertandang ke Madura wajib diborong, dijadikan buah tangan untuk keluarga, teman, atau saudara di rumah.

Ada banyak jenis kuliner khas Madura yang bisa kamu bawa pulang. Siap-siap setelah ini kamu memborongnya. Dengan memborong oleh-oleh khas Madura berarti kamu mendukung dan membangkitkan ekonomi lokal di Madura.

1. Kerupuk Ikan

Kerupuk ikan menjadi salah satu kuliner favorit di Madura yang wajib dibawa pulang. Rasanya gurih dan enak. Kamu bisa membeli kerupuk ikan dalam kondisi matang maupun mentah.

Bahan-bahan yang terkandung dalam kerupuk ikan khas Madura ini di antaranya tepung tapioka, rempah, ikan layung, dan ikan tongkol. Ikannya asli dari hasil laut warga Madura.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Otok

Kuliner khas Madura berikutnya yang cocok jadi oleh-oleh adalah Otok. Cemilan satu ini terbuat dari kacang tujang (kacang panjang).

Rasanya yang pedas, manis, dan bercampur gurih bikin kamu ketagihan dengan cemilan ini. Cocok jadi teman santai sambil ngemil dengan secangkir teh atau kopi.

3. Buah Siwalan

Masih belum puas dengan membawa kerupuk ikan dan otok ke rumah? Tenang, masih ada kuliner khas Madura lain, yaitu buah siwalan.

Buah siwalan memiliki lapisan kulit berwarna cokelat kehitaman, ujung pangkalnya berwarna hijau. Buah ini rasanya manis segar.

Selain daging buahnya, air buah siwalan yang dikenal legen juga menjadi minuman khas Madura. Menyeruput legen ditambah dengan es batu bisa lebih menyegarkan.

 

3 dari 3 halaman

4. Teri Krispi

Teri krispi merupakan olahan kuliner khas Madura. Teri krispi memiliki rasa asin bercampur gurih. Jika menjadi teman nasi, rasanya semakin sedap. Apalagi disantap selagi hangat.

Aroma teri krispi yang khas membuat kuliner dari Madura ini diminati banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Varian teri krispi yang jadi favorit wisatawan adalah berasa pedas.

5. Macho

Berbahan dasar dari ketan dan gula aren, Macho sering dijadikan sebagai oleh-oleh untuk kelurga di rumah saat bertandang ke Madura.

Macho memiliki rasa yang manis dan lezat. Jajanan ini digemari oleh anak-anak, namun orang dewasa juga tidak sedikit yang menyukainya.

Keluarga di rumah jangan sampai melewati kuliner-kuliner khas Madura yang telah disebutkan. Makanya borong untuk dijadikan oleh-oleh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.