Sukses

Kebun Binatang Surabaya, Wisata Edukasi yang Cocok Buat Liburan Keluarga

Pada tahun 1920 Kebun Binatang Surabaya kembali pindah ke Jalan Darmo. Hingga saat ini sudah banyak wisatawan yang mengunjungi kebun binatang ini.

Liputan6.com, Surabaya Liburan sambil belajar mengenal berbagai binatang bisa kamu lakukan di Surabaya. Kamu bisa mengunjungi Kebun Binatang Surabaya yang berada di Jalan Setail, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya.

Kebun Binatang Surabaya termasuk salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia. Bahkan, koleksi satwa di kebun binatang ini pernah menjadi yang terlengkap se-Asia Tenggara. Keren bukan?

Di Kebun Binatang Surabaya terdapat lebih dari 31 spesies satwa yang berbeda. Jumlah binatang di kebun binatang ini lebih dari 2.806 binatang. Jenis-jenis satwa langka Indonesia maupun dunia seperti mamalia, aves, reptilia, dan pisces ada di kebun binatang ini.

Kalau kamu seorang fotografer, pasti bakal banyak menemukan objek yang keren di Kebun Binatang Surabaya. Tinggal pilih saja, binatang apa yang akan kamu jadikan sebagai objek. Tapi tetap hati-hati dan waspada ya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah Kebun Binatang Surabaya

Suatu tempat tidak terlepas dari sejarah yang melatarbelakanginya, termasuk Kebun Binatang Surabaya. Seorang jurnalis bernama H.F.K. Kommer mendirikan Kebun Binatang Surabaya pada 31 Agustus 1916.

Awalnya bukan Kebun Binatang Surabaya, tapi jurnalis yang hobinya mengumpulkan binatang itu menamainya Vereninging "Soerabaiasche Planten-en Dierentuin".

Pertama didirikan lokasinya berada di Kaliando. Kemudian pindah ke Jalan Groedo pada 28 September 1917. Tahun 1918 resmi dibuka pertama kali untuk umum dengan nama Kebun Binatang Surabaya. Saat itu juga tiket masuk mulai diberlakukan.

Setelah mendapat lokasi baru seluas 32.000 m2 dari maskapai kereta api, pada tahun 1920 Kebun Binatang Surabaya kembali pindah ke Jalan Darmo. Hingga saat ini sudah banyak wisatawan yang mengunjungi kebun binatang ini.

 

3 dari 3 halaman

Fungsi dan Peran Kebun Binatang Surabaya

Melansir laman resmi Kebun Binatang Surabaya, ada beberapa fungsi dan peranan yang kemudian menjadi visi dan misi PD Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya.

Pertama sebagai konservasi. Kebun Binatang Surabaya sebagai lembaga konservasi exs-situ. Ex-situ adalah tempat penangkaran satwa di luar habitatnya. Kebun Binatang Surabaya menjadi benteng terakhir dalam penyelamatan satwa yang terancam punah karena kerusakan habitatnya.

Kedua sebagai sarana edukasi. Tidak sedikit wisatawan yang belajar satwa langsung di Kebun Binatang Surabaya melalui program edukasi non formal.

Ketiga sebagai riset dan penelitian. Para pakar konservasi nasional maupun internasional menjadikan Kebun Binatang Surabaya sebagai tempat riset dan penelitian. Para pakar tersebut terdiri dari berbagai disiplin ilmu, mulai dari kedokteran hewan, biologi, peternakan, pertanian, hingga pariwisata.

Keempat sebagai rekreasi. Kebun Binatang Surabaya menjadi objek wisata yang sehat dan dapat menghibur berbagai kalangan. Berbagai wahana rekreasi tersedia di kebun binatang ini. Yuk, ajak keluarga, kerabat, sahabat, atau pasangan untuk liburan ke Kebun Binatang Surabaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.