Sukses

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Kota Malang Ditarget Tuntas Januari

Catatan Pemkot Malang, ada sekitar 76 ribu anak yang masuk target vaksinasi Covid-19.

Liputan6.com, Malang - Vaksinasi Covid-19 untuk anak 6-11 tahun di Kota Malang ditargetkan selesai Januari 2022. Pelaksanaan vaksinasi anak jejang 6-11 tahun di Kota Malang, Jawa Timur dimulai pada Senin (20/12/2021).

Catatan Pemkot Malang, ada sekitar 76 ribu anak yang masuk  target vaksinasi Covid-19.

"Hari ini ada 4.728, dan akhir Desember akan kami push. Tapi secara medis baru ada yang imunisasi BIAS, itu harus nunggu 28 hari. Kami targetkan diawal Januari sudah tersasar semua mulai negeri, swasta hingga sekolah non formal atau yang belum berkesempatan sekolah," ujar Wali Kota Malang Sutiaji, (20/12/2021), dikutip dari TimesIndonesia.

Imunisasi BIAS adalah Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang diadakan 2 kali dalam setahun dan dilakukan secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Sutiaji mengatakan, vaksinasi bagi anak 6-11 tahun memang terkendala BIAS. Seperti halnya di Sekolah Model Kota Malang saat ini baru tersasar 280 anak, karena ada beberapa anak lain yang baru menyelesaikan imunisasi BIAS dan belum 28 hari.

Sementara, untuk ketersediaan vaksin, ia terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Mengingat Malang sebagai daerah urban, tentu vaksinasi bagi seluruh kalang perlu diselesaikan sesegera mungkin.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stok Aman

Kepala Dinkes Kota Malang Husnul Muarif menyatakan, stok vaksin jenis Sinovac yang diperuntukan bagi anak 6-11 tahun tersedia cukup di Dinkes Kota Malang.

"Stok vaksin di Dinkes kita punya 70 ribuan. Insyallah aman. Ini Sinovac untuk 6-11 tahun," katanya.

Untuk hari ini, target vaksin bagi anak 6-11 tahun bisa terselesaikan sebanyak 4.728 anak, Husnul memastikan untuk di hari-hari berikutnya bisa lebih meningkat untuk mengejar target diawal Januari 2022 mendatang selesai.

Untuk saat ini, 16 puskesmas, masing-masing menangani 1 sekolah di Kota Malang. Rencananya, untuk besok setiap puskesmas bisa menangani hingga tiga sekolah setiap harinya.

"Jadi besok insyallah bisa lebih (target sasaran vaksin 6-11 tahun). Ditambah lagi ada sentra vaksin RSI Unisma dan Polkesma," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.