Sukses

Surat Undangan Calon Pilkada Jember Beredar Usai Putusan MA, Bawaslu Jatim Pastikan Hoaks

Surat tersebut berkop Bawaslu Jatim dan ditandatangani Ketua Bawaslu Jatim Moh. Amin yang berisi perihal undangan sosialisasi dan tindak lanjut putusan Mahkamah Agung oleh KPUD Jember.

Liputan6.com, Surabaya - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Timur memastikan surat undangan yang berisi sosialisasi dan tindak lanjut hasil putusan Mahkamah Agung tentang Pilkada Jember, adalah hoaks.

"Bawaslu Jatim tidak pernah mengeluarkan surat resmi untuk mengundang pasangan calon Pilkada Jember pada hari ini," kata anggota Bawaslu Jatim Nur Elya Anggraini, Rabu (22/12/2021).

Beredar surat yang mencatut nama Bawaslu Jatim dengan nomor 0462/K.JI/HM.00/XII/2021 tanggal pembuatan surat 14 Desember 2021 perihal undangan sosialisasi dan tindak lanjut putusan MA oleh KPUD Jember pada 22 Desember 2021.

Surat itu ditujukan kepada pasangan calon bupati Faida dan calon wakil bupati Dwi Arya Nugraha Oktavianto yang diundang untuk hadir di Ruang Flamboyan I, Fave Hotel, Jalan Jenggolo Nomor 15, Pucang, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, pada 22 Desember 2021.

Surat tersebut berkop Bawaslu Jatim dan ditandatangani Ketua Bawaslu Jatim Moh. Amin yang berisi perihal undangan sosialisasi dan tindak lanjut putusan Mahkamah Agung oleh KPUD Jember tentang pelanggaran TSM (Terstruktur Sistematis dan Massif) salah satu pasangan calon pada pilkada setempat.

"Kami menyampaikan bahwa surat tersebut palsu. Secara kelembagaan, Bawaslu Jatim tidak pernah mengeluarkan surat resmi dengan maksud, tujuan dan tanggal acara sebagaimana dalam kegiatan tersebut," kata Nur Elya Anggraini.

Bahkan, Bawaslu Jatim tidak pernah menerima permohonan dari KPU Jember untuk mengadakan kegiatan sebagaimana yang tertera dalam surat palsu itu.

"Ada beberapa kejanggalan dalam surat tersebut, yakni tanda tangan dan stempel lembaga yang sengaja diburamkan," ucap mantan anggota Bawaslu Jember itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penomoran Tidak Sesuai

Hingga Desember 2021, penomoran dengan kode klasifikasi sebagaimana tercantum dalam surat tersebut tidak ditemukan di dalam arsip persuratan Bawaslu Jawa Timur dan pada 22 Desember 2021, nomor surat keluar Bawaslu Jatim bahkan belum mencapai angka 400.

"Baik tata penomoran maupun penggunaan kode klasifikasi dalam surat tidak sesuai ketentuan peraturan internal tentang tata naskah di Bawaslu dan email surat yang digunakan adalah bukan email resmi Bawaslu Jatim," katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, pihaknya memastikan bahwa surat tersebut adalah surat palsu dan menimbang pencatutan nama dan kerugian yang mungkin ditimbulkan secara kelembagaan, maka Bawaslu Jatim akan melaporkan kasus itu kepada pihak yang berwajib.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.