Sukses

Jalan Merak-Baluran Situbondo Dibangun Awal 2022

Bupati menambahkan, semula Pemkab Situbondo hanya diizinkan membangun jalan makadam menuju Dusun Merak yang berada di kawasan Taman Nasional Baluran.

Liputan6.com, Situbondo - Akses menuju Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, bakal dibangun awal tahun depan.

"Saya dan Kadis PUPR cek ke lokasi hari ini, karena pada awal tahun depan insya-Allah akses ke Dusun Merak mulai dibangun," ujar Bupati Situbondo Karna Suswandi, Jumat (24/12/2021), dikutip dari Antara.

Bung Karna, sapaan bupati menyatakan,  akses menuju Dusun Merak yang dihuni lebih dari 1.000 jiwa itu sulit ditempuh, terlebih saat musim hujan warga harus menempuh jalur laut, karena jalur darat tak bisa dilalui.

Dengan pembangunan peningkatan jalan menuju Dusun Merak, Bupati Karna Suswandi optimistis perekonomian warga yang tinggal di kawasan Taman Nasional Baluran itu meningkat, karena akses masyarakat sudah baik. 

"Selama bertahun-tahun warga Merak terkendala akses, sehingga untuk melakukan aktivitas ekonomi sulit. Jalur darat susah ditempuh, kalau hujan tak bisa dilalui dan harus menempuh jalur laut, dengan biaya yang tentunya tidak sedikit," tuturnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diizinkan Aspal

Bupati menambahkan, semula Pemkab Situbondo hanya diizinkan membangun jalan makadam menuju Dusun Merak yang berada di kawasan Taman Nasional Baluran.

"Awalnya memang hanya diizinkan untuk membangun akses makadam (lapen). Kemarin saya dapat konfirmasi lagi BKSDAE mengizinkan untuk di aspal. Kami berharap partisipasi seluruh masyarakat Desa Sumberwaru dalam pembangunan jalan menuju Dusun Merak," tuturnya.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.