Sukses

Suntik di Tempat untuk Wisatawan yang Belum Vaksin di Bondowoso

Pihaknya pun sudah melakukan koordinasi dengan kepala puskesmas terdekat di tiga destinasi wisata favorit di Bondowoso itu.

Liputan6.com, Bondowoso - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bondowoso, dr Mohammad Imron menyatakan, pihaknya akan melakukan suntik di tempat untuk wisatawan yang belum di vaksinasi. Pihaknya sudah menyiapkan vaksinator di lokasi wisata, terutama destinasi yang manjadi primadona pengunjung.

"Kami akan menugaskan sejumlah tenaga kesehatan di tempat wisata mulai dari 24 Desember hingga 2 Januari mendatang," katanya dikutip dari TimesIndonesia, Sabtu (25/12/2021).

Menurutnya, ada tiga destinasi wisata yang menjadi skala prioritas. Yakni Batu So'on Solor Kecamatan Cermee, Kawah Wurung Kacamatan Ijen dan Pemandangan Arak-Arak Kecamatan Wringin. 

"Kami juga akan membantu dalam upaya penerapan protokol kesehatan di tempat wisata," jelasnya.

Pihaknya pun sudah melakukan koordinasi dengan kepala puskesmas terdekat di tiga destinasi wisata favorit di Bondowoso itu. 

"Mulai 24 Desember sampai 2 Januari, akan kita stay-kan petugas vaksin di tiga tempat wisata besar ini," tegasnya.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten ini memaparkan, bahwa setiap pengunjung harus melakukan scan QR code Peduli Lindungi di tempat wisata yang sudah ada. 

"Jika tidak, pengunjung dapat menunjukkan surat keterangan sudah mendapatkan vaksin secara manual. Kalau gak ada langsung kita vaksin di tempat," jelasnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Capaian Jumlah Vaksinasi

Di setiap lokasi wisata itu kata dia, minimal ada empat tenaga kesehatan yang bertugas. Mereka akan melakukan vaksinasi, screening dan memasukkan atau entry data ke pusat. 

Sementara terkait jumlah dosis vaksin. Menurutnya, masih tersedia sekitar 75 ribu dosis vaksin. Dipastikan bisa memenuhi kebutuhan vaksinasi di akhir tahun ini.

Berdasarkan data di KPCPEN (Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional), capaian vaksinasi masyarakat umum sudah masuk 61,5 persen. Sementara untuk warga Lansia yakni 40 persen. 

Pihaknya berharap, vaksinasi di tempat wisata di Kabupaten Bondowoso dapat meningkatkan capaian penyuntikan Vaksin Covid-19. "Mengingat Pemerintah Kabupaten menargetkan dapat mencapai 70 persen hingga akhir tahun ini," jelasnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini