Sukses

Kampung Warna Warni Jodipan di Malang: Sejarah, Lokasi, dan Tiket Masuk

Spot-spot menarik yang instagramable bisa kamu temukan saat berkunjung ke Kampung Warna Warni Jodipan. Kamu bisa mengabadikan momen selama di kampung wisata ini dengan bidikan kamera.

Liputan6.com, Malang Malang tak mau kalah dengan Surabaya. Jika di Kota Pahlawan ada Kampung Selfie di Sidoyoso, Kota Pendidikan ini punya Kampung Warna Warni di Jodipan.

Kampung Warna Warni Jodipan menjadi salah satu tempat wisata unik dan favorit di Kota Malang. Rumah-rumah di Kampung Jodipan ini di cat warna-warni. Terlihat indah dan menjunjung tinggi nilai seni.

Sudut-sudut kampung dihiasi dengan berbagai warna yang elok dipandang. Warna cerah dan terang sangat memikat perhatian setiap pengunjung.

Spot-spot menarik yang instagramable bisa kamu temukan saat berkunjung ke Kampung Warna Warni Jodipan. Kamu bisa mengabadikan momen selama di kampung wisata ini dengan bidikan kamera.

Berkunjung bersama keluarga ke Kampung Warna Warni Jodipan sangat cocok. Bersama pasangan agar semakin romantis juga menjadi opsi untuk kamu.

Inspirasi baru bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke Kampung Jodipan. Kemudian inspirasi tersebut kamu realisasikan di rumah atau di kampung halaman.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Kampung Warna Warni

Jauh sebelum menjadi destinasi wisata di Kota Malang, kampung yang kini berwarna itu awalnya terlihat kumuh. Di sekitar bantaran sungai Brantas, sampah-sampah bertumpuk. Warga Jodipan saat itu belum peduli dengan lingkungan, sampah dibuang begitu saja ke sungai.

Melihat kondisi kampung yang kotor, pada tahun 2016 sekelompok mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang terdorong hatinya untuk membenahi kampung tersebut. Mereka menginisiasi program Corporate Social Responsible (CSR) yang bekerja sama dengan perusahaan cat.

Semenjak itu, atas kerja sama dengan berbagai pihak akhirnya kampung Jodipan disulap menjadi kampung berwarna. Kini dikenal dengan Kampung Warna Warni Jodipan yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Semenjak kampungnya berubah 180 derajat, warga Jodipan mulai peduli pada lingkungan. Mereka tidak lagi membuang sampah sembarangan, apalagi membuangnya ke sungai.

Kampung Warna Warni Jodipan mengubah mindset warga setempat. Pemasukan warga Jodipan juga bertambah seiring meningkatnya jumlah pengunjung Kampung Warna Warni Jodipan.

Keunikan Kampung Jodipan yang berwarna itu dilirik oleh pemerintah. Pada tahun 2017 Wali Kota Malang Mochamad Anton meresmikan Kampung Warna Warni Jodipan.

Selain itu, Kampung Warna Warni Jodipan juga pernah dijadikan sebagai tempat syuting film layar lebar, yaitu film Yowis Ben.

 

3 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute

Kampung Warna Warni Jodipan berada di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 RT 9 RW 2, Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Akses menuju kampung wisata ini mudah dan terjangkau.

Dari Alun-alun Kota Malang kamu bisa melewati Jalan Gatot Subroto. Perkiraan waktu tiba ke lokasi lewat jalan ini sekitar 3 menit.

Jika kamu berangkat dari Stasiun Malang, hanya 2 menit untuk tiba ke Kampung Warna Warni Jodipan. Agar memudahkan, kamu bisa menggunakan aplikasi petunjuk arah seperti Google Maps atau kamu juga bisa bertanya pada warga sekitar.

 

4 dari 4 halaman

Harga Tiket Masuk

Kampung Warna Warni sangat cocok untuk menjadi tempat liburanmu dalam waktu dekat. Mengunjungi kampung wisata di Jodipan ini tak akan mengosongkan isi dompetmu.

Kamu hanya perlu mengeluarkan Rp3.000 untuk masuk ke Kampung Warna Warni Jodipan. Jika kamu membawa kendaraan roda dua atau roda empat, masing-masing dikenakan biaya parkir Rp2.000 dan Rp5.000.

Harga tersebut sewaktu-waktu dapat berubah sesuai kebijakan pengelola. Kendati demikian, info harga tersebut bisa menjadi patokan kamu ketika berencana ke Kampung Warna Warni Jodipan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.