Sukses

Jurus Kanwil Kemenag Jatim Percepat Inovasi Madrasah Digital

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur (Jatim) bersama Infradigital berkomitmen untuk mempercepat program transformasi atau inovasi madrasah digital di seluruh Jatim.

Liputan6.com, Surabaya- Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur (Jatim) bersama Infradigital berkomitmen untuk mempercepat program transformasi atau inovasi madrasah digital di seluruh Jatim. Kakanwil Kemenag Jatim, Husnul Maram bersama Infradigital saat ini masih menjalankan program inovasi madrasah digital di delapan kabupaten dan kota di Jatim.

“Ke depannya ini nanti di 2022 dan 2023 itu 38 kota dan kabupaten se-Jawa Timur akan tuntas semuanya. Jadi, ribuan madrasah akan kenal yang namanya digital dan semuanya serba digital,” tuturnya seusai acara anugerah inovasi madrasah digital Tahun 2021 di Surabaya, Senin (3/1/2022).

Menurut Husnul, penting untuk menerapkan moderasi beragama di era transformasi digital. Dengan moderasi beragama, madrasah di Jatim dapat membangun apapun karena semua saling menghormati dan mengerti walaupun ada perbedaan. 

"Selanjutnya, pelatihan dan pembinaan berkelanjutan masih akan terus dilakukan. Program ini juga akan terus dilanjutkan di tahun 2022 dan 2023 pada kota dan kabupaten di Jatim lainnya," ucapnya.

CEO Infradigital, Ian McKenna memulai pertemuan dengan Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jatim sejak akhir tahun 2019.

"Kanwil Kemenag Jatim sangat visioner melihat kebutuhan percepatan dan pemerataan digitalisasi sejak dua tahun lalu," tuturnya.

Ian bersama Kanwil Kemenag Jatim melakukan beberapa kegiatan secara bersama, namun baru pada tahun 2021 membuat konsep program penghargaan tersebut.

"Dan ternyata tepat, program anugerah inovasi madrasah digital ini mampu mendorong percepatan digitalisasi madrasah secara baik,” ucapnya.

Sementara, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang turut hadir dalam acara tersebut memberikan ucapan selamat untuk seluruh pemenang pada acara tersebut.

“Selamat untuk terus peningkatan kualitas madrasah di Jawa Timur ini dan selamat merayakan Hari Amal Bakti ke-76 Kanwil Kemenag Jatim,” ucapnya.

Khofifah juga menegaskan pentingnya digitalisasi untuk madrasah dan transformasi digitalisasi agar dapat mengikuti kebutuhan perkembangan zaman. 

Sebagai informasi, terdapat beberapa kategori penghargaan anugerah inovasi madrasah digital 2021 yang mencangkup setiap jenjang madrasah yaitu jenjang RA, MI, MTs, dan MA.

Pemenang utama dari anugerah inovasi madrasah digital Jatim untuk kategori madrasah digital terbaik setiap jenjang, meliputi, jenjang RA: RA Al Mansur Kabupaten Bojonegoro. jenjang MI: MIS Mambaul Ulum Dagan, Kabupaten Lamongan, jenjang MTS: MTs  Muhammadiyah 2 Pondok Karangasem Paciran, Kabupaten Lamongan, dan jenjang MA: MA Ma'arif Almuhtadi, Kabupaten Lamongan. 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.