Sukses

Penerbangan Banyuwangi-Sumenep Resmi Dibuka, Cek Harga Tiketnya

Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah mengatakan, banyak warganya yang berbisnis di Banyuwangi, sehingga penerbangan ini akan meningkatkan ekonomi warganya.

Liputan6.com, Banyuwangi - Rute penerbangan Banyuwangi-Sumenep (pp) resmi dibuka. Penerbangan perdana rute Banyuwangi-Sumenep ditandai inagurasi flight maskapai Susi Air, di Bandara Banyuwangi yang disambut langsung oleh Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah, Selasa (11/1/2022). 

Kepala UPBU Trunojoyo Mohamad Arqodri Arman mengatakan, rute ini dibuka sebagai solusi atas permasalahan waktu tempuh perjalanan darat dari Banyuwangi menuju Madura yang memakan waktu lebih dari sepuluh jam. 

"Dengan penerbangan ini, Banyuwangi-Sumenep hanya butuh waktu 45 menit, sehingga lebih efektif," ujarnya. 

Qodri menambahkan, harga tiket untuk rute ini cukup terjangkau. Untuk rute dari Sumenep ke Banyuwangi, hanya Rp 245 ribu.

"Sebaliknya, tarif dari Banyuwangi ke Sumenep hanya Rp 299 ribu," ucapnya.

Sementara Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah, menyambut baik adanya penerbangan perintis rute Banyuwangi-Sumenep oleh Susi Air tersebut.

Setelah melalui proses panjang, pihaknya bersyukur akhirnya cita-cita Pemkab Banyuwangi untuk memperluas aksesibilitas dengan Pemkab Sumenep bisa terwujud.

“Hadirnya penerbangan ini semakin mempermudah transportasi masyarakat dari dan ke Madura, serta membuka peluang bisnis yang lebih luas untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di dua daerah,” kata Wabup.

Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah mengatakan, banyak warga Sumenep yang berdomisili dan berbisnis di Banyuwangi, sehingga penerbangan ini akan berdampak besar pada peningkatan ekonomi warganya.

"Kami berharap, hadirnya rute ini juga bisa berdampak pada kunjungan wisatawan. Kita bisa kolaborasikan kegiatan wisata. Misalnya, wisata makan duren di Banyuwangi, atau makan srikaya di Sumenep. Dengan jarak tempuh yang semakin pendek, kami optimis ini bisa kita wujudkan," ujarnya. 

Sebagai informasi,penerbangan perdana ini dimulai dari Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Trunojoyo Sumenep menuju Bandara Banyuwangi, menggunakan pesawat Cessna C208B Grand Caravan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Kali Sepekan

Jadwal penerbangan tersebut beroperasi dua kali dalam sepekan, pada Selasa dan Rabu, dengan waktu tempuh 45 menit. Untuk hari Selasa, pesawat berangkat dari Sumenep pukul 12.20 WIB, dan tiba di Bandara Banyuwangi  pukul 13.05 WIB. Adapun dari Banyuwangi, pesawat bertolak pukul 13.15 WIB, dan tiba di Sumenep pukul 14.00 WIB.

Sementara untuk hari Rabu, pesawat berangkat dari Sumenep pukul 10.40 WIB, dan tiba di Banyuwangi pukul 11.25 WIB. Sebaliknya, dari Banyuwangi pesawat berangkat pukul 11.35 WIB, dan tiba di Sumenep pukul 12.20 WIB.

Saat ini di Bandara Banyuwangi, juga melayani penerbangan Jakarta-Banyuwangi setiap hari, juga rute Surabaya-Banyuwangi yang beroperasi tiga kali dalam sepekan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.