Sukses

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Kota Kediri Capai 69,79 Persen, Dosis Dua Disiapkan

Dia mengatakan, vaksinasi anak tersebut basisnya tetap di sekolah. Petugas medis datang ke lokasi sekolah dan memberikan vaksin bagi anak-anak.

Liputan6.com, Kediri - Vaksinasi Covid-19 untuk  anak usia 6 hingga 11 tahun di Kota Kediri sudah berjalan sekitar 69,79 persen.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengemukakan, vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun secara umum berjalan lancar. Para orang tua murid juga mendukung.

"Sehingga saat ini dapat tercapai angka 69,79 persen. Rencananya untuk pelaksanaan dosis kedua akan dilaksanakan mulai 13 Januari mendatang," katanya, dikutip dari Antara, Rabu (12/1/2022).

Dia mengatakan, vaksinasi anak tersebut basisnya tetap di sekolah. Petugas medis datang ke lokasi sekolah dan memberikan vaksin bagi anak-anak.

"Pelaksanaan vaksinasi basisnya tetap di sekolah dulu. Nanti bagi anak-anak yang belum divaksin karena terkendala sakit dan lainnya diarahkan ke puskesmas untuk mendapat vaksin," kata dia.

Abdulllah juga menegaskan tetap meminta agar para siswa dan guru menerapkan protokol kesehatan berupa 5 M saat pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah, kendati saat ini vaksinasi anak sudah dilakukan.

Selain itu, ia juga berharap agar pengawasan ekstra dari guru saat PTM dilakukan untuk anak-anak, terlebih lagi anak kecil biasanya mudah melakukan kontak fisik dengan temannya.

"Jadi protokol kesehatan 5 M ini harus tetap dijalankan. Ini tidak bisa ditawar. Agar PTM yang berjalan ini lancar dan tidak terjadi penularan COVID-19," kata Wali Kota.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dosis Kedua

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri Fauzan Adima mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan untuk pemberian dosis kedua dalam program vaksinasi untuk anak-anak usia 6-11 tahun.

"Vaksin dosis kedua ini merupakan kelanjutan dari dosis pertama, jenisnya homogen yakni Sinovac. Dulu dosis pertama kami resmikan 15 Desember 2021. Untuk pemberian vaksin dosis kedua jaraknya minimal 28 hari setelah disuntikkan dosis pertama," kata Fauzan.

Dinkes Kota Kediri telah menyiapkan sejumlah 1.269 dosis vaksinasi tahap kedua untuk anak-anak tersebut. Pemberian dilakukan di sejumlah sekolah yang anak-anaknya sudah melakukan vaksinasi tahap pertama, yakni SD Banjaran komplek, diketahui akan menyediakan 662 dosis vaksin, SD Burengan komplek sebanyak 393 dosis vaksin, serta SDIT Rahmat Kota Kediri sebanyak 214 dosis vaksin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.