Sukses

Madura Diharapkan Jadi Pelopor Riset Produk Halal

Liputan6.com, Madura - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap Madura menjadi pelopor pengembangan riset produk halal di dalam negeri.

"Harapan besar kita tentu Pulau Madura akan menjadi salah satu pelopor bagi pengembangan riset produk halal sekaligus gaya hidup halal di Tanah Air," katanya, saat meresmikan Halal Center di Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Kamis (13/1/2022), seperti dilansir Antara.

Ma'ruf Amin mengatakan, pemerintah mendorong kolaborasi penelitian dan inovasi agar Indonesia dapat memproduksi sendiri bahan untuk industri produk halal dalam negeri.

"Pemerintah sangat mendorong kolaborasi riset yang berkualitas agar Indonesia dapat memproduksi sendiri bahan baku maupun produk halal yang selama ini masih harus diimpor," katanya.

Selain itu, Ma'ruf juga mendorong seluruh perguruan tinggi di Jawa Timur, termasuk di Pulau Madura, untuk saling berkolaborasi riset dan menghasilkan inovasi bagi pengembangan produk halal.

"Peran perguruan tinggi dalam memajukan industri halal tidak cukup berhenti pada pembangunan halal center, tetapi terus memperkaya khazanah riset produk halal," katanya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

UMKM Produk Halal

Dikatakan pula bahwa bisnis syariah juga harus dikembangkan dengan perbanyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) produk halal.

Ia menegaskan bahwa keberadaan para pelaku UMKM syariah tersebut merupakan kunci penting untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat industri produk halal di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.