Sukses

Mengenal Ronaldo Robot Covid-19 Penangkal Omicron di Lumajang

Liputan6.com, Surabaya- RS Bhayangkara Lumajang memiliki sebuah robot yang siap menangkal Covid-19 varian Omicron. Robot penangkal Omicron di Lumajang itu bernama Ronaldo yang merupakan akronim dari Robot Nangkal Covid.

Robot Ronaldo memiliki tinggi 1,5 meter dilengkapi dengan empat rak secara bersusun yang bisa membawa banyak barang maksimal 50 kilogram. 

"Salah satu robot canggih ini merupakan bantuan dari Bank Negara Indonesia (BNI)," ujar Kabiddokkes Polda Jatim Kombes Pol Erwin Zainul Hakim, Sabtu (15/1/2022).

Robot Ronaldo ini berguna membantu para perawat dan dokter untuk meminimalkan kontak dengan pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi. Salah satu kemampuan dari robot Ronaldo ini yakni dapat berkomunikasi dengan pasien. Robot ini juga cukup komunikatif dalam menerima keluhan dan kebutuhan daripada pasien di ruangan. 

"Diharapkan ke depan akan ada pengembangan fungsi dari robot ini sehingga lebih kompleks dan dikembangkan di semua RS Bhayangkara di Jatim," ucapnya. 

Pembuatan robot Covid-19 yang saat ini berada di RS Bhayangkara Lumajang ini sudah digagas sejak awal pandemi. Pengerjaan robot Ronaldo ini dibantu oleh Tim Politeknik ITS dengan disesuaikan ide-ide dari RS Bhayangkara.

Saksikan video pilihan berikut ini: