Sukses

Saling Klaim Dukungan DPC Jelang Musda Demokrat Jatim

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Demokrat Kabupaten Kediri Yakup membantah kabar 12 DPC mendukung Emil Dardak.

Liputan6.com, Surabaya - Aksi klaim dukungan mewarnai internal Partai Demokrat Jatim jelang Musda pada 20 Januari mendatang. Dua kubu calon ketua, yakni Bayu Airlangga dan Emil Dardak sama-sama meyakini mendapatkan banyak dukungan dari DPC.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Demokrat Kabupaten Kediri Yakup membantah kabar 12 DPC mendukung Emil Dardak. Dia justru mengklaim kubu Bayu Airlangga yang sebenarnya mendapatkan dukungan dari 30 DPC.

"Tentu tidak masuk akal adanya 12 dukungan tersebut mengingat di Jawa Timur hanya ada 38 DPC. Seharusnya hanya tersisa 6 DPC yang tidak mendukung Bayu," tuturnya, Selasa (18/1/2022).

Yakup mengatakan, dukungan 30 DPC kepada menantu mantan Gubernur Jatim Soekarwo alias Pakdhe Karwo (Bayu Airlangga) untuk menjadi Ketua DPD PD Jatim tersebut benar adanya, nyata dan tidak dibuat-buat.

"Sampai sekarang dukungan untuk Mas Bayu maju sebagai calon ketua Demokrat Jatim datang dari 30 DPC. Insya Allah Menyusul kembali 2 Surat dukungan Ketua DPC," katanya.

Yaqub menyampaikan, hal itu dibuktikan dengan surat pernyataan dukungan kepada Bayu Airlangga dalam pencalonannya sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jatim.

"Surat itu sudah diserahkan secara resmi ke DPP melalui BPOKK. Masing-masing surat bermaterai dan ada stempel DPC," ucapnya.

Karena itu, Yakup mengajak seluruh kader Demokrat di Jatim untuk berdemokrasi santun, dengan memberi informasi yang benar terkait dukungan terhadap calon Ketua DPD Partai Demokrat Jatim.

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Surabaya Lucy Kurniasari berharap Musda Demokrat di Jatim dapat berjalan demokratis, dan tanpa adanya intervensi dari pihak mana pun yang menghalalkan segala cara.

"Kami percaya, Ketua Umum kami, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sangat menjunjung tinggi prinsip-prinsip demokrasi. Ketum AHY sangat mendengarkan arus bawah, sehingga Ketua DPD Jawa Timur benar-benar sesuai harapan mayoritas DPC se Jawa Timur," ujar Lucy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Junjung Demokrasi

Sebelumnya, Ketua DPC Partai Demokrat (PD) Situbondo, Janur Sasra Ananda menilai sosok Emil Elestianto Dardak sangat pas untuk memimpin Demokrat Jatim saat ini. Itu sebabnya dia berharap Wakil Gubernur Jatim itu terpilih pada  Musda ke-VI pada 20 Januari mendatang, .

"Saya kira memang ada beberapa figur yang mumpuni memimpin Demokrat Jatim, tapi hanya Mas Emil yang saat ini pas. Posisinya sebagai Wagub Jatim sangat berpeluang untuk membantu elektoral partai, apalagi saat ini Demokrat lagi menanjak," tuturnya di Surabaya, Senin (17/1/2022).

Wakil Ketua Komisi I DPRD Situbondo ini mengatakan, pihaknya solid mendukung Emil Dardak sebagai Ketua Demokrat Jatim.

"DPC Situbondo menyatakan mendukung Mas Emil Dardak sebagai Ketua Demokrat Jatim. Sudah jelas sikap kita mendukung penuh Mas Emil," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.