Sukses

Sejumlah Pohon Tumbang di Pantura Situbondo, Jalur Jawa-Bali Sempat Ditutup

Selin itu, di jalan raya Dusun Kembang Sambi, desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, dua pohon jensi trembesi juga tumbang, menutup badan jalan raya pantura.

Liputan6.com, Situbondo - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo Zainul Arifin mengatakan, sejumlah pohon tumbang di beberapa titik jalur pantura akibat hujas deras disertai angin kencang. Pohon tumbang juga sempat membuat jalur pantura Jawa-Bali tertutup.

"Pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang terjadi pada waktu yang hampir bersamaan. Mulai dari wilayah barat, yakni jalan raya Kecamatan Banyuglugur, Klatakan (Kecamatan Kendit), dan di Desa Pasir Putih (Kecamatan Bungatan)," kata Zainul, Selasa (18/1/2022), dilansir Antara.

Menurut dia, pertama kali pohon tumbang terjadi di jalan raya Kecamatan Banyuglugur, sekitar pukul 18:00 WIB, selanjutnya pohon jenis randu juga tumbanng di jalur pantura Kecamatan Kendit, dan juga menutup badan jalan.

Selin itu, di jalan raya Dusun Kembang Sambi, desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, dua pohon jensi trembesi juga tumbang, menutup badan jalan raya pantura.

"Beberapa pohon ini tumbang pada waktu yang hampir bersamaan, pertama sekitar pukul 18:00 WIB, dan pada pukul 20:25 WIB pohon trembesi tumbang di Desa Pasir Putih," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Ada Korban Jiwa

Zainul menambahkan, anggota Pusdal ops bersama tagana, anggota koramil dan polsek serta petugas Perhutani, warga sekitar bergotong royong mengevakuasi pohon tumbang dengan menggunakan gergaji mesin serta peralatan lainnya.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa pohon tumbang ini. Kami tetap mengimbau pengguna jalan meningkatkan kewaspadaan saat melintas di jalur pantura Situbondo, karena banyaknya pohon di jalur pantura yang rawan tumbang, terlebih saat memasuki musim hujan," katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.