Sukses

Rekomendasi Kampus Negeri di Malang, Mana yang Terbaik Menurutmu?

Liputan6.com, Malang Pelajar di Malang, Jawa Timur tidak harus jauh-jauh memilih universitas negeri hingga lintas provinsi bahkan pulau. Pasalnya, di Malang juga terdapat universitas negeri dengan kualitas terbaik.

Universitas negeri di Malang meliputi Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, dan UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Malang). Ketiga universitas negeri ini kualitasnya jangan diragukan lagi. Bahkan, ada yang sudah mendapatkan akreditasi secara internasional.

Lebih lanjut yuk simak ulasan Liputan6com tentang universitas negeri di Malang yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang (UM) berada di Jalan Semarang 5 Malang, Jawa Timur. Kampus ini memiliki visi menjadi perguruan tinggi unggul dan rujukan ilmu pengetahuan dan teknologi serta bidang kependidikan.

Melihat jauh ke belakang, awalnya kampus negeri ini bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) yang didirikan pada tanggal 1 September 1954. PTPG baru dibuka dan diresmikan pada 18 Oktober 1954.

Pada 20 November 1957 berubah menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Malang di Universitas Airlangga. Lalu pada 1 Mei 1963 menjadi kampus sendiri dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang.

Pada 4 Agustus 1999, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 1999 tanggal 4 Agustus 1999, IKIP Malang berubah menjadi Universitas Negeri Malang.

Universitas Negeri Malang terdiri dari beberapa fakultas, antara lain Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Sastra, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Pendidikan Psikologi, dan Pascasarjana.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

2. Universitas Brawijaya

Perguruan tinggi negeri lain di Malang, Jawa Timur adalah Universitas Brawijaya. UB, demikian branding yang dikenalnya, didirikan oleh Presiden Republik Indonesia melalui kawat no. 258/K/61 dikirim pada tanggal 11 Juli 1961. Nama Brawijaya diambil dari gelar raja-raja Majapahit.

Universitas Brawijaya berubah menjadi status negeri pada 6 Januari 1963 berdasarkan keputusan presiden di tahun yang sama.

Kampus negeri di Malang ini telah mendapatkan akreditasi A yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan LAMPTKES. Selain itu, Universitas Brawijaya juga sudah terakreditasi di tingkat internasional.

Untuk menunjang akademik, Universitas Brawijaya menyediakan fasilitas untuk mahasiswa maupun dosen seperti perpustakaan, laboratorium, penerbit, media, hingga lembaga-lembaga.

Universitas Brawijaya menawarkan pendidikan yang cocok untuk kepemimpinan global di era yang berkembang pesat seperti sekarang ini.

Beberapa fakultas di kampus ini di antaranya Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Selain itu, ada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Pascasarjana.

 

3 dari 3 halaman

3. UIN Maulana Malik Ibrahim

Universitas negeri di Malang tidak hanya yang umum saja, bebasis Islam pun ada yaitu Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang yang berdiri pada 21 Juni 2004 berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 50. Berdirinya universitas Islam ini tidak terlepas dari perjalanan IAIN Cabang Surabay pada tahun 1961.

Hal yang berbeda di UIN Malang dengan universitas lainnya yakni seluruh civitas akademika harus menguasai bahasa Arab dan bahasa Inggris. Itu diterapkan sebagai implikasi dari model pengembangan keilmuan di universitas ini.

Pendidikan di UIN Malang merupakan sintesis antara tradisi universitas dan ma'had atau pesantren. Hal tersebut dicerminkan dalam program tahun pertama, mahasiswa tingkat satu harus tinggal di ma'had kampus.

Harapannya dengan model pendidikan seperti itu bisa melahirkan lulusan berpredikat ulama dengan intelektual yang profesional. Cirinya bukan hanya menguasai disiplin ilmu sesuai pilihannya, tapi juga menguasai Al-Qur'an dan hadis sebagai sumber utama ajaran Islam.

Universitas yang berada di Jalan Gajayana 50, Dinoyo Malang ini menyediakan 6 fakultas program sarjana dan 1 program pascasarjana yang dapat menunjang masa depan mahasiswa.

Fakultas di UIN Malang antara lain Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syari'ah, Fakultas Humaniora, Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, serta Fakultas Sains dan Teknologi.

Selain tiga universitas negeri tersebut, di Malang juga ada tiga politeknik negeri yang dapat menjadi pilihan Anda belajar di perguruan tinggi. Tiga politeknik tersebut antara lain Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, Politeknik Negeri Malang, dan Politeknik Pembangunan Pertanian Malang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS