Sukses

Kluster Bank Muncul di Madiun, 7 Karyawan Positif Covid-19

Maidi mengatakan, temuan kasus klaster bank tersebut diketahui dari anak karyawan bank setempat yang lebih dulu terkonfirmasi Covid-19.

Liputan6.com, Madiun - Sejumlah karyawan bank kantor cabang di Madiun terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil usap PCR dinkes setempat.

"Kita waspada dan bergerak cepat dengan temuan ini agar tidak semakin menyebar. Pelacakan terus digiatkan," ujar Wali Kota Madiun Maidi di Madiun, Selasa, (19/1/2022), dikutip dari Antara.

Maidi mengatakan, temuan kasus klaster bank tersebut diketahui dari anak karyawan bank setempat yang lebih dulu terkonfirmasi Covid-19. Anak tersebut saat dirawat di salah satu rumah sakit Kota Madiun mengalami gejala batuk-batuk.

Petugas rumah sakit kemudian melakukan tes usap kepada anak itu dan hasilnya positif. Dari hasil itu, kontak erat orang tuanya yang merupakan karyawan bank dites dan hasilnya juga positif.

Petugas Dinkes Kota Madiun kemudian melacak kontak erat lebih lanjut dari temuan ibu dan anak yang terkonfirmasi Covid-19 itu. Hasilnya sejauh ini didapati tujuh karyawan bank  terkonfirmasi positif.

"Setelah si anak positif, kita tes PCR kontak eratnya. Hasilnya sejauh ini ada tujuh karyawan positif," katanya.

Wali Kota Maidi menginstruksikan petugas kesehatan memperluas pelacakan. Hasilnya, ada 149 orang kontak erat dilakukan tes usap PCR, tetapi hasilnya belum keluar.

Ia berharap seluruhnya dari 149 kontak erat tersebut negatif.

Sampel spesimen karyawan bank yang terkonfirmasi, selanjutnya dikirim ke laboratorium di Surabaya, sebagai bentuk kewaspadaan Pemkot Madiun terhadap munculnya COVID-19 varian baru, Omicron.

"Kita waspadai, kita harus curiga karena Omicron ini begitu cepat penyebarannya. Saat ini ada 149 kontak erat yang kita tes, nanti kita kembangkan lagi. Ini untuk yang positif COVID-19 sampelnya kita bawa ke Surabaya, untuk mengetahui ini varian apa," katanya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Maidi menginstruksikan pelayanan di bank Kantor Cabang Madiun itu sementara waktu ditutup.

Pihaknya juga meminta area setempat disterilisasi dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tracing Diperluas

Selain itu, kemungkinan karantina wilayah bakal diperluas. Mulai sekolah tempat belajar sang anak hingga tempat lainnya. Namun, itu masih menunggu hasil tes usap 149 karyawan tersebut.

Wali Kota Maidi meminta masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Selain itu, vaksin penguat juga terus dikebut.

"Yang sudah waktunya vaksin segera vaksin, termasuk yang dosis ketiga. Silakan dimanfaatkan. Petugas vaksinasi selalu saya bawa di tempat kegiatan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.