Sukses

Angin Puting Beliung Porak Porandakan Puluhan Rumah Warga Situbondo

Tidak hanya rumah warga porak-poranda diterjang angin puting beliung, beberapa pohon dan tiang listrik juga roboh hingga menimpa rumah warga.

Liputan6.com, Situbondo - Angin puting beliung diserta hujan deras pada Selasa petang (18/1/2022), mengakibatkan puluhan rumah warga di Desa Talkandang, Kecamatan Kota, Kabupaten Situbondo, porak poranda.

Analis Penanggulangan Bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo Gatot Trikorawan menyampaikan, angin puting beliung di Dusun Lugundang Timur/Barat, Desa Talkandang, terjadi pada sekitar pukul 17.00 WIB.

"Angin puting beliung disertai hujan deras pada sore hari tadi mengakibatkan sedikitnya 22 rumah warga di dua dusun mengalami kerusakan ringan, sedang hingga rusak berat," kata Gatot dikutip dari Antara, Rabu (19/1/2022).

Ia merinci, rumah warga rusak akibat terjangan angin puting beliung di Dusun Lugundang Barat sebanyak tujuh unit yang mengalami kerusakan. Sedangkan, di Dusun Lugundang Timur tercatat sebanyak 15 rumah. 

Tidak hanya rumah warga porak-poranda diterjang angin puting beliung, beberapa pohon dan tiang listrik juga roboh hingga menimpa rumah warga.

"Rumah yang mengalami rusak ringan rata-rata rusak di bagian atapnya. Sedangkan rumah warga yang rusak berat, ada beberapa rumah semi permanen yang ambruk," ujar Gatot.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagikan Sembako

Bupati Situbondo Karna Suswandi turun langsung ke lokasi peristiwa bencana alam angin puting beliung dan menemui korban bencana sekaligus memberikan bantuan paket sembako.

"Pak Bupati turun langsung ke lokasi dan membantu mengevakuasi pohon yang tumbang ke rumah warga, serta membagikan sembako kepada korban bencana," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.