Sukses

Lonjakan Covid-19 di MAN 2 Kota Malang, Total 41 Orang Positif?

MAN 2 Kota Malang telah menghentikan pembelajaran tatap muka sejak seorang siswa pertama kali terkonfirmasi positif Covid-19

Liputan6.com, Malang - Jumlah siswa dan pegawai di MAN 2 Malang kota yang dinyatakan positif Covid-19 bertambah banyak. Hal itu berdasarkan hasil swab tes antigen yang dilakukan terhadap kontak erat kepada seluruh warga di lingkungan sekolah dan ma’had madrasah tersebut.

Liputan6 mendapatkan informasi bila pada 17-18 Januari 2022 total ada 675 orang kontak erat terdiri dari siswa, guru dan pegawai di MAN 2 Kota Malang serta Ma'had madrasah dites swab antigen oleh petugas Dinas Kesehatan. Hasilnya, 37 orang dinyatakan positif Covid-19 di Malang.

Masih berdasarkan data sumber tersebut, ada 4 orang di luar Ma'had Madrasah yang menjalani tes mandiri dengan hasil positif terinfeksi. Sehingga jumlah kasus baru selama dua hari terakhir seluruhnya ada 41 kasus positif terinfeksi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif, tak membantah atau membenarkan data tersebut. Ia hanya menyebut jumlah kasus positif Covid-19 hasil tracing dan testing di MAN 2 dan ma'had pada Selasa,18 Januari 2022 ada sebanyak 11 orang positif terinfeksi.

"Kalau yang hasil testing pada Selasa lalu total ada 11 yang positif Covid-19 dan sekarang diisolasi," kata Husnul di Malang, Rabu, 19 Januari 2022.

Ia mengaku tak mengetahui soal siswa maupun pegawai di lingkungan MAN 2 maupun Ma'had yang menjalani tes mandiri di luar testing yang dijalankan Dinas Kesehatan. Dinas juga belum mendapat informasi itu dari pihak sekolah.

"Belum ada konfirmasi soal tes mandiri itu," ucapnya.

Dinas Kesehatan juga belum memastikan apakah di antara kasus baru itu terdapat varian Omricon atau tidak. Sebab belum ada rencana menguji sampel dari pasien positif Covid-19 itu ke laboratorium untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Belum ada rencana itu (pengujian ke laboratorium pemeriksaan),” kata Husnul.

Karena munculnya kasus Covid-19 di MAN 2 Malang, pembelajaran tatap muka (PTM) seketika itu juga dihentikan. Sebagai gantinya, pembelajaran diterapkan selama 14 hari ke depan sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri tentang PTM.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teka-teki Total Kasus

Belum dapat dipastikan total jumlah kasus di MAN 2 Kota Malang sejak kasus pertama terkofirmasi pada Jumat, 14 Januari 2022. Sebab saat kasus pertama itu, dilakukan tracing dan testing secara bertahap. Sebelum hasil testing pada Selasa kemarin keluar, pihak sekolah menyebut ada 15 orang terdiri dari siswa dan guru positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan, Husnul Muarif tak menjawab saat ditanya jumlah total kasus terkonfirmasi positif di sekolah tersebut. Sementara pihak sekolah menyerahkan sepenuhnya informasi itu kepada pemerintah kota.

Seluruh pasien positif Covid-19 di Ma’had Madrasah dan MAN 2 Kota Malang kini sedang menjalani karantina di Wisma PSBB milik sekolah tersebut. Penanganan kesehatan seluruh pasien dipantau langsung oleh petugas dari Dinas Kesehatan.

“Seluruhnya sedang dikarantina di gedung milik MAN 2 dengan pemantauan dari kami,” ujar Husnul.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.