Sukses

Menikmati Fenomena Blue Fire Kawah Ijen yang Tiada Duanya

Fenomena unik yang dapat ditemukan di Kawah Ijen adalah blue fire. Konon fenomena langka ini hanya ada dua di dunia, di Islandia dan di Kawah Ijen, Indonesia.

Liputan6.com, Banyuwangi Jawa Timur memiliki tempat wisata unggulan di setiap kabupaten atau kotanya. Kerap kali wisata tersebut mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Salah satu tempat wisata populer di Jatim adalah Kawah Ijen yang berada di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi.

Kawah Ijen terletak di ketinggian 2.638 meter dari permukaan laut (mdpl). Kawah ini memiliki kaldera yang terluas di Pulau Jawa.

Fenomena unik yang dapat ditemukan di Kawah Ijen adalah blue fire. Konon fenomena langka ini hanya ada dua di dunia, di Islandia dan di Kawah Ijen, Indonesia.

Wisatawan akan terpesona dengan pemandangan sunrise di Kawah Ijen. Selain itu, menyambangi aktivitas belerang juga bisa menjadi pilihan menarik selama berwisata di Kawah Ijen.

Kawah Ijen cocok menjadi tempat liburan kamu berikutnya, apalagi yang doyan berpetualang. Berwisata ke tempat ini bisa menambah koleksi foto-foto liburanmu di alam.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keunikan Kawah Ijen

Selain blue fire yang langka, wisata Kawah Ijen juga ternyata memiliki sisi unik lainnya. Suhu di kawah ini bisa mencapai 2 derajat celcius. Kabut di sekitar kawah bak menyelimuti.

Kawah Ijen juga termasuk danau air asam yang terbesar di dunia. Tingkat keasamannya bisa mendekati titik nol. Jangan heran kalau misalnya memasukkan benda ke kawah akan langsung larut dengan cepat.

Maka dari itu, bagi wisatawan Kawah Ijen harus berhati-hati dan tetap waspada. Jangan terlalu dekat dengan kawahnya. Ikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pengelola wisata.

Di kawasan Kawah Ijen, kamu akan melihat pemandangan yang indah. Beberapa tanaman yang hanya tumbuh di dataran tinggi seperti edelwies dan cemara juga akan terlihat dari dekat. Tidak sedikit wisatawan yang mengabadikan momen di kawah ini.

 

3 dari 3 halaman

Harga Tiket Kawah Ijen

Sebelum liburan ke Kawah Ijen, tentu saja kamu harus mengetahui dahulu biaya yang diperlukan selama berwisata. Harga tiket ini sebagai persiapan kamu untuk liburan ke Kawah Ijen.

Karena wisatawan Kawah Ijeng datang dari lokal dan mancanegara, maka harga tiket masuk ke tempat wisata ini juga dibedakan.

Tiket masuk wisatawan lokal di hari biasa Rp5.000, sedangkan hari libur Rp7.500. Bagi wisatawan mancanegara dikenakan biaya tiket masuk Rp100.000 jika hari biasa dan Rp150.000 hari libur.

Wisatawan yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir. Roda dua dikenakan tarif Rp5.000 dan roda empat Rp10.000.

Liburan ke Kawah Ijen memang kurang puas kalau hanya sehari. Misalnya, berangkat pagi pulang sore. Esensi yang didapat tentu saja kurang.

Tidak sedikit wisatawan yang memilih untuk bermalam di kawasan Kawah Ijen. Namun tidak gratis, wisatawan akan dikenakan biaya tambahan paket berkemah sebesar Rp5.000.

Paket perlengkapan dokumentasi juga tersedia di wisata Kawah Ijen. Jika ingin menggunakan perlengkapan video, wisatawan akan dikenakan biaya Rp10.000.000. Sedangkan perlengkapan handycam dan fotografi masing-masing Rp1.000.000 dan Rp250.000.

Tiket masuk wisata Kawah Ijen kini dapat dipesan secara online. Jangan lupa cek ketersediaan kuota, karena setiap harinya tempat wisata ini ada pembatasan jumlah kuota pengunjung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.