Sukses

Para Gus di Jatim Dorong Muhaimin Iskandar Maju Capres 2024

Liputan6.com, Surabaya - Perwakilan para Gus sejumlah pondok pesantren di Jawa Timur menggelar pertemuan di Banyuwangi. Pertemuan itu menyepakati untuk mendorong Gus Muhaimin Iskandar maju sebagai Calon Presiden 2024.

Keputusan tersebut berdasarkan hasil musyawarah dan silaturahim Para Gus pada  Rabu (19/1/2022) di Aula PCNU Kabupaten Banyuwangi.

Ketua PCNU Banyuwangi KH Ali Maki Zaini menceritakan, dukungan kepada Ketua Umum PKB itu berawal dari pemikiran Para Gus pondok pesantren rujukan yang ada di Jawa Timur seperti Lirboyo, Ploso, Sidogiri, Langitan dan beberapa pondok pesantren lainnya. Mereka berusaha menyelaraskan pemahaman bahwa peristiwa politik tidak bisa dihindari di Indonesia, sehingga perlu mengambil bagian.

"Berdasarkan itu maka pondok-pondok pesantren memiliki pemahaman harus ada keselarasan pemahaman pondok pesantren dan Nahdlatul Ulama," ungkap pria yang akrab disapa Gus Maki itu dalam keterangan tertulis, Kamis (20/1/2022).

Akhirnya, ia melanjutkan, dalam menyambut kontestasi politik 2024, Para Gus sepakat untuk mendorong Gus Muhaimin maju sebagi Capres 2024. Hal itu berdasarkan pertimbangan bahwa saat ini yang sejak awal kader Nahdlatul Ulama yang terjun di politik praktis adalah Gus Muhaimin.

"Kader Nahdlatul Ulama yang memang sejak awal di partai politik adalah Gus Muhaimin, tidak ada pilihan lagi. Bismillah untuk start, bismillah untuk maju (Capres 2024)" ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Kunjungan ke Jatim

Gus Muhaimin sehari sebelumnya melakukan pertemuan silaturahmi dengan para kiai di Kantor PCNU Banyuwangi. Silaturahmi tersebut dalam rangka untuk memohon doa maju Capres 2024.

Selain itu, ia menyampaikan beberapa agenda tiga bulan ke depan, yaitu keliling Jawa Timur untuk silaturahmi kepada kiai dan ulama di Jawa Timur.

"Insya Allah, tiga bulan ke depan saya akan keliling Jawa Timur bersilaturahmi ke para kiai dan pondok pesantren," pungkas Wakil Ketua DPR RI tersebut.