Sukses

Ibu Hamil di RSUD Sampang Diduga Terpapar Omicron, Apa Cirinya?

Liputan6.com, Sampang Ibu hamil positif COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Mohammad Zyn Kabupaten Sampang, Jawa Timur diduga terjangkit varian baru Omicron.

Direktur RSUD dr. Mohammad Zyn Sampang Agus Akhmadi mengatakan, asien ibu hamil itu diduga terpapar COVID-19 jenis Omicron berdasarkan ciri-ciri atau gejala yang dialami.

 "Yang bersangkutan perempuan sedang hamil dan saat ini menjalani isolasi di ruang khusus," kata dia saat dihubungi di Sampang, Kamis (20/1/2022), dilansir dari Antara..

Menurut Akhmadi, ciri-ciri gejala varian Omicron diketahui sedikit berbeda dari varian sebelumnya. Kata dia, gejala omicron sangat mirip dengan gejala pilek atau flu. Ciri-ciri gejala varian Omicron, antara lain sakit kepala, nyeri tubuh, dan tenggorokan gatal.

Tingkatan gejalanya adalah batuk kering dan tenggorokan gatal (89 persen), letih (65 persen), hidung tersumbat (59 persen), demam (38 persen), mual (22 persen), napas pendek atau kesulitan bernapas (16 persen), dan diare (11 persen).

"Gejalanya lebih ringan dibanding COVID-19 varian Delta," katanya, menjelaskan.

Hanya saja, upaya pencegahan penularan COVID-19 jenis Omicron ini sama dengan pencegahan pada varian Delta, yakni menjaga jarak fisik minimal 1 meter dari orang lain, selalu memakai masker dan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dari Surabaya

Menurut Akhmadi, pasien terindikasi Omicron ini berasal dari Surabaya. Ia diketahui positif COVID-19 berdasarkan hasil tes cepat antigen saat hendak memeriksakan kandungannya di salah satu layanan kesehatan.

"Karena hasil tes antigen menyatakan positif, pasien sempat ditolak di tempat pelayanan kesehatan," katanya.

Pihak keluarga pasien membawa pulang yang bersangkutan ke Sampang dan dirujuk ke RSUD dr. Mohammad Zyn Sampang.

Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes-KB) Kabupaten Sampang dr. Abdullah Najich mengatakan pasien positif COVID-19 itu merupakan yang pertama tercatat di Sampang sejak Omicron dinyatakan telah masuk ke Indonesia.

"Kami berharap ini kasus yang pertama sekaligus yang terakhir di Sampang ini," ujar Najich.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.