Sukses

Harap Cemas Ketua DPC Agar AHY Restui Bayu Airlangga Jadi Ketua Demokrat Jatim

Liputan6.com, Surabaya - Ketua DPC Partai Demokrat Gresik Eddy Santoso yakin jika Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bakal mendengar suara 25 DPC pendukung Bayu Airlangga.

Seperti diketahui, Bayu Airlangga lolos menuju tahapan fit and proper test dengan mengantongi 25 suara dari total 38 DPC dalam agenda Musda VI dan pencalonan Ketua DPD Demokrat Jatim.

"Insya Allah Pak AHY akan mendengar arus bawah DPC ini. Realitasnya kan memang dalam Musda itu, yang memperoleh suara terbanyak itu kan Mas Bayu," kata Eddy, Senin (24/1/2022).

Kini Bayu tinggal selangkah lagi untuk menyempurnakan hasil Musda yang sangat demokratis tersebut. Yakni pemaparan visi misi kepada Ketua Umum AHY melalui uji kelayakan dan kepatutan (Fit proper test) 31 Januari 2024 mendatang. Khususnya menghadapi pemilu 2024 mendatang untuk kemenangan Partai Demokrat di Jawa Timur.

Tahapan fit and proper test nanti merupakan momen paling menentukan. Karena Bayu Airlangga akan menghadap kepada Tim 3 yang terdiri atas Ketua Umum AHY, Sekretaris Jenderal Teuku Riefky Harsya, dan Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan Herman Khaeron.

Eddy Santoso menegaskan bahwa Demokrat Gresik akan tetap solid dan setia mengawal Bayu Airlangga.

"Mas Bayu itu menurut kami itu nanti akan lebih membesarkan Demokrat di Jatim. Karena stylenya dia kan orang lapangan. Komunikasi terus, juga peduli," ungkap Ketua DPC Partai Demokrat Gresik Eddy Santoso.

2 dari 2 halaman

Calon Terbaik

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang Ghufron Marzuki menjelaskan, dalam Musda VI sesuai AD/ART dan petunjuk organisasi (PO) bahwa calon cukup mengantongi 20 persen suara untuk menuju tahap berikutnya yaitu fit proper test, wawancara dan rekam jejak.

Ghufron sendiri meyakini baik Bayu Airlangga maupun Emil Dardak merupakan calon ketua terbaik. Mereka dinilai juga sama-sama memiliki visi membesarkan Partai Demokrat.

Akan tetapi, sekali lagi ia menegaskan bahwa visi misi saja tidak cukup. Karena Parpol butuh dukungan suara."Kalau soal proper test mungkin sama-sama membawa misi yang baik semua untuk partai. Jadi kalau menurut saya finalisasinya adalah pendukung," ujar dia.

Dukungan itu artinya adalah korelasi dari suara masyarakat di bawah yang nantinya bakal memperkuat perolehan hasil pemiu 2024 untuk Partai Demokrat. Selama ini DPC-DPC tahu betul cara Bayu Airlangga turun ke bawah bekerja untuk Partai. “Karena intinya berpolitik itu adalah dukungan yang besar," tambahnya.

DPC Demokrat Kabupaten Malang sendiri menjadi bagian dari 25 DPC pendukung Bayu Airlangga. Gufron mengatakan, Bayu juga dinilai layak menjadi ketua lantaran memiliki karakter santun dan mengayomi. Alasan itulah yang membuat Bayu menjadi pilihan arus bawah.