Sukses

Banyuwangi Festival 2022 Resmi Dibuka, 37 Atraksi Baru Siap Digeber

Tidak hanya event-event pariwisata, namun berbagai sektor mulai pelayanan publik, UMKM, kesehatan, pendidikan, dan lainnya diangkat di Banyuwangi Festival tahun ini.

Liputan6.com, Banyuwangi - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meluncurkan Banyuwangi Festival 2022. Launching dimeriahkan penampilan band Ndarboy Genk.

"Ini adalah momentum yang paling dinanti. Karena Banyuwangi Festival akan memberikan dampak positif pada sosial ekonomi bagi masyarakat Banyuwangi," kata Sandiaga secara virtual, Rabu (26/1/2022) malam.

Tidak hanya event-event pariwisata, namun berbagai sektor mulai pelayanan publik, UMKM, kesehatan, pendidikan, dan lainnya diangkat di Banyuwangi Festival tahun ini. 

"Banyuwangi adalah etalase ekonomi kreatif terbaik di Indonesia. Saya garis bawahi, terbaik di Indonesia. Di Banyuwangi kita bisa melihat pemulihan pariwisata yang cukup cepat. 99 event Banyuwangi Festival, kita akan melihat banyaknya kearifan lokal dan daya tarik Banyuwangi. Selamat bagi Banyuwangi," tambah Sandiaga. 

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menambahkan, Banyuwangi Festival merupakan bagian dari Banyuwangi Rebound.

"Banyuwangi Rebound merupakan sebuah gerakan bersama. Sama seperti dulu kita menggelorakan gerakan bersama I Love Banyuwangi untuk menumbuhkan rasa cinta pada Banyuwangi," kata Ipuk.

Semua sektor diangkat di Banyuwangi Festival tahun ini. Dengan tetap mempertahankan atraksi sport tourism dan seni budaya yang menjadi daya tarik wisatawan, berbagai sektor digelar dalam Banyuwangi Festival.  

Terdapat 37 atraksi baru. Salah satunya, ajang selancar paling berkelas di dunia "Quicksilver Pro" yang akan digelar di Pantai G-Land pada Mei- Juni. Sebuah ajang yang memiliki engagement sosial medianya nomor 3 setelah NBA dan NFL, masih di atas MotoGP yang rangking 9. 

"Ini akan menjadi momentum untuk mempromosikan Banyuwangi kepada dunia. Ini akan menjadi salah satu instrumen pemulihan ekonomi, milestone untuk bangkitnya pariwisata,” kata Ipuk.  

Berbagai ajang sport tourism lain yang bakal digelar, di antaranya Banyuwangi International BMX ICF Series, Ijen erek-erek enduro, festival paralayang, Banyuwangi Open Junior Tennis, blue fire Ijen Challenge, dan Banyuwangi Postbox Underwater. 

Digitalisasi yang merupakan strategi menggerakkan ekonomi, juga masuk dalam kalender Banyuwangi Festival. Seperti  festival karya inovasi Gen-Z, jagoan tani, jagoan digital, dan jagoan bisnis. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajang Seni Budaya

Banyuwangi Festival juga tetap menghadirkan event seni budaya. Salah satunya yang telah menjadi ikon Banyuwangi Ethno  Carnival (BEC) yang akan dikemas menarik. Selain itu juga ada seni budaya lainnya.

Seperti festival budaya nusantara, festival pengantin nusantara, Banyuwangi art week, festival angklung caruk dan wangsalan milenial, serta lainnya. “Begitu juga gandrung sewu yang akan digelar lebih spektakuler,” tambah Ipuk.

Selain itu, terdapat berbagai event kuliner. Di antaranya street food festival, festival oling river food, festival kucur, dan festival Banyuwangi kuliner (bakul).

Di sektor pelayanan publik, ada festival Camping Embun, Public Service Festival, Festival Bedah Rumah, dan lainnya. "Serta berbagai event di berbagai sektor lainnya juga kami angkat," kata Ipuk. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.