Sukses

Jurus Gardu Induk Banyuwangi Jaga Keandalan Listrik Jawa-Bali

Didik mengungkapkan, Gardu Induk Banyuwangi masuk dalam sistem kelistrikan Jawa Timur untuk kemudian disalurkan ke wilayah Banyuwangi dan Bali.

Liputan6.com, Banyuwangi - General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) Didik Fauzi Dakhlan menyampaikan, pihaknya rutin melakukan pemeliharaan jaringan di Gardu Induk (GI) guna memastikan keandalan pasokan listrik hingga ke Bali.

"Pekerjaan yang dilakukan tepat dalam sepekan dimulai sejak Sabtu hingga Kamis itu melakukan pemeliharaan bay penghantar dan bay trafo guna mendukung proses pemantauan kondisi Material Transmisi Utama (MTU) terkini," tuturnya, Kamis (27/1/2022).

"Melalui pemeliharaan yang dilakukan, diharapkan dapat memonitor anomali-anomali yang mungkin terjadi, dan mengurangi kerusakan akibat penurunan performa MTU di wilayah Gardu Induk GI Banyuwangi," imbuh Didik.

Didik menerangkan, jenis pekerjaan yang sedang dilakukan dibagi menjadi dua pekerjaan inti yaitu pemeliharaan bay line berupa cleaning isolator rutin Bay Situbondo dua dan pemeliharaan bay trafo berupa har off rutin bay trafo dua.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Prokes

"Pekerjaan ini butuh persiapan yang sangat matang, mulai penentuan timeline pekerjaan hingga pembuatan laporan hasil pemeliharaan," katanya.

Didik mengungkapkan, Gardu Induk Banyuwangi masuk dalam sistem kelistrikan Jawa Timur untuk kemudian disalurkan ke wilayah Banyuwangi dan Bali.

"Meski masih dalam situasi pandemi Covid-19, pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan, utamanya sebagai upaya menjaga keandalan sistem kelistrikan selalu menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan dan mengacu pada prinsip kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.