Sukses

Mengintip Persiapan Perayaan Imlek Kelenteng Legendaris Kota Malang Eng An Kiong

Wakil Ketua Yayasan Kelenteng Eng An Kiong Herman Subianto mengatakan, salah satu persiapan menyambut Imlek dengan menggelar upacara Sung Sien atau mengantar roh suci.

Liputan6.com, Malang - Kelenteng Eng An Kiong Kota Malang, mulai bersiap menyambut perayaan Imlek 2022 pada 1 Februari mendatang.

Wakil Ketua Yayasan Kelenteng Eng An Kiong Herman Subianto mengatakan, salah satu persiapan menyambut Imlek dengan menggelar upacara Sung Sien atau mengantar roh suci.

"Pada 24 bulan 12, kita sembahyang terakhir untuk mengantarkan para dewa ke Tuhan Yang Maha Esa untuk melapor insani, perbuatannya, kebajikannya, yang kita namakan Sung Sien," kata dia dikutip dari Antara, Kamis (27/1/2022).

Ia menjelaskan, setelah sembahyang terakhir tersebut, satu per satu patung dewa di kelenteng yang merupakan salah satu bangunan cagar budaya tersebut, diturunkan dari altar untuk dimandikan.

Setelah itu, secara bergantian patung-patung dewa tersebut dibersihkan dengan disiram air sabun. Setelah bersih, patung-patung tersebut kemudian kembali disiram dengan menggunakan air kembang tujuh rupa.

Herman menyebutkan total 18 altar yang dimiliki Kelenteng Eng An Kiong. Selain itu juga terdapat 28 patung dewa-dewi di dalamnya. Selain itu, altar yang ada di kelenteng tersebut juga akan dibersihkan.

"Setelah dibersihkan semua kita kembalikan. Selanjutnya tiap ruangan juga begitu, untuk menyambut Hari Raya Imlek," katanya.

Ia menerangkan Kelenteng Eng An Kiong merupakan tempat ibadah bagi umat Tri Dharma. Artinya, kelenteng tersebut digunakan sebagai tempat ibadah bagi penganut agama Ji (Konghucu), Too (Tao), dan Sik (Buddha).

"Ini diikuti dari kalangan Tri Dharma, yaitu Konghucu, Tao dan Buddha. Jadi dari untuk tiga agama," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terdampak Pandemi Covid-19

Pada Imlek tahun ini, beberapa kegiatan yang biasanya selalu digelar di Kelenteng Eng An Kiong ditiadakan karena saat ini masih dalam masa pandemi virus corona.

Beberapa kegiatan yang ditiadakan, antara lain pementasan Wayang Potehi, atraksi barongsai hingga kegiatan Lontong Cap Go Meh. Pada perayaan Cap Go Meh sebelum pandemi, Klenteng Eng An Kiong menyiapkan 6.000 porsi makanan untuk warga sekitar.

"Sebelum pandemi kita mengundang penduduk sekitar dan kita siapkan 4.000 sampai 6.000 porsi untuk penduduk sekitar. Lontongan Cap Go Meh itu, tiap tahun. Namun, karena pandemi tidak kita lakukan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.