Sukses

Eri Cahyadi Luncurkan Aplikasi Sayang Warga, Apa Manfaatnya?

Eri Cahyadi menyampaikan, dengan melibatkan kader dan masyarakat dalam pendataan, Pemkot Surabaya akan lebih tahu betul kondisi warganya seperti apa.

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meluncurkan aplikasi Sayang Warga atau sistem layanan pendampingan dan perlindungan warga Kota Surabaya. Program ini m erupakan sistem pendataan yang bertujuan mengidentifikasi permasalahan di lapangan.

"Dari hasil pendataan itu, kami berharap dapat memberikan intervensi yang lebih cepat dan tepat sasaran," ujarnya di Taman Jangkar, Kecamatan Jambangan Surabaya, Kamis (27/1/2022).

Eri Cahyadi mengungkapkan, dengan aplikasi Sayang Warga ini maka secara otomatis yang memberikan data kepada kami (pemkot) adalah warga Surabaya.

"Karena itulah saya ingin terus ada empati antar warga, ada rasa kasih sayang antar warga di Kota Surabaya," ucapnya.

Eri Cahyadi menyampaikan, dengan melibatkan kader dan masyarakat dalam pendataan, Pemkot Surabaya akan lebih tahu betul kondisi warganya seperti apa. Dengan demikian, intervensi yang diberikan pemkot Surabaya melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, diharapkan lebih cepat dan tepat sasaran.

"Aplikasi ini bertujuan untuk mendata warga. Mulai ada berapa KK, yang sakit siapa, yang butuh bantuan berapa, gizi buruknya itu berapa, termasuk pendapatannya per keluarga berapa. Nah, intervensi OPD itu nanti berdasarkan data ini," ujarnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Layanan

Eri Cahyadi berharap kepada seluruh kader dan pendamping agar menyampaikan data apa adanya, sesuai kondisi warga di lapangan. Melalui gerakan masyarakat yang sinergis, Eri memastikan bahwa pemkot terus berupaya meningkatkan kesejahteraan warga Kota Pahlawan.

"Jadi sampaikan data itu apa adanya. Kondisinya warga Kota Surabaya seperti apa, maka sasaran pemerintah akan tepat. Karena tugas saya di sini untuk mengobati, kalau tidak pernah tahu penyakitnya apa, kita tidak bisa mengobati," ucapnya.

Aplikasi Sayang Warga dapat diakses melalui laman website https://sayangwarga. surabaya.go.id/sayangwarga. Setiap kader yang telah ditunjuk oleh kelurahan, memiliki akun sebagai dasar login untuk mengisi form pendataan pada aplikasi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.