Sukses

Foto Airlangga-Khofifah Mejeng di Videotron Surabaya, Kode Pilres 2024?

Menurut pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdussalam menilai foto tersebut seperti memasangkan paslon yang termasuk bagian dari ikhtiar untuk menuju Pilpres 2024.

Liputan6.com, Surabaya - Foto Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berpasangan dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terpasang di sejumlah videotron Kota Surabaya.

Menurut pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdussalam menilai foto tersebut seperti memasangkan paslon yang termasuk bagian dari ikhtiar untuk menuju Pilpres 2024.

"Relawan atau kelompok-kelompok tertentu ingin mengetes ombak untuk melihat sejauh mana respons publik terkait calon berpasangan yang ditawarkan di Pilpres 2024," ujarnya, Kamis (27/1/2022).

"Mereka sebenarnya juga ingin melihat dan mengukur sejauhmana antusiasme publik bagus atau tidak, tonenya positif atau tidak sehingga bisa diketahui sentimennya," ucapnya peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC).

Selain itu, lanjut dia, tentu banyak juga maksud-maksud terselubung yang hendak disasar dan menurutnya itu sah-sah saja sebagai ikhtiar politik atau partisipasi para relawan.

Bahkan, ia berpikir itu selangkah lebih maju karena dilempar ke publik secara berpasangan karena dalam kontestasi pilpres elektabilitas yang paling penting adalah elektabilitas berpasangan.

"Terlepas itu by desain atau kebetulan, tentu ini juga bisa menjadi langkah cerdas yang bisa memberi efek positif untuk Partai Golkar di Jatim. Apalagi yang digandengkan kebetulan adalah Gubernur Jatim yang sudah menjabat dan punya pendukung dan basis pemilih di Jatim," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Edukasi

Di lain hal, kata Surokim, itu juga baik untuk edukasi publik guna mengenalkan pasangan calon (paslon) sejak awal agar bisa ditimbang-timbang lebih panjang dan cermat, paslon bisa ditrancking lebih lama agar publik tidak memilih calon-calon mendadak yang kadangkala mengagetkan.

Sebagai informasi, foto Menko Perekonomian berpasangan dengan Gubernur Jawa Timur disertai tagline harapan kader Golkar dan warga di Jatim dapat lihat di lima titik yakni di Jalan Indragiri, Mayjen Sungkon, Jembatan Penyeberangan Oranga (JPO) Jalan Basuki Rahmat, JPO Pemuda dan depan Kebun Binatang Surabaya (KBS) Jalan Diponegoro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.