Sukses

Polres Nganjuk Gencarkan Program Pamor Keris Cegah Penyebaran Covid-19

Liputan6.com, Nganjuk - Polres Nganjuk terus menggencarkan patroli gabungan penegakan protokol kesehatan di pasar dan pusat-pusat keramaian untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson menyatakan, kolaborasi dengan berbagai stakeholder ini menjadi syarat penting dalam upaya memelihara keamanan dan ketertiban serta upaya menanggulangi penyebaran Covid-19 di Nganjuk .

"Upaya memelihara kamtibmas sekaligus menanggulangi penyebaran Covid-19 mesti dilaksanakan secara bersama-sama. Kepolisian saja tidak cukup, tetapi juga mesti ada sinergi dengan unsur forkopimda lain dan semua pihak" kata AKBP Boy Jeckson, Kamis (27/1/2022).

Salah satu wujud kolaborasi itu ialah dengan terus menggalakkan patroli gabungan di pasar dan pusat keramaian sebagai bagian dari program Pamor Keris (Patroli Motor Penegakan Protokol Kesehatan Masyakarakat) yang diinisiasi Polda Jawa Timur.

Patroli gabungan ini tak cuma sebagai bentuk upaya pencegahan kejahatan yang bersifat preemtif dan preventif demi terciptanya kamtibmas, tetapi juga disertai dengan penegakan protokol kesehatan, pembagian masker, hingga vaksinasi.

AKBP Boy menyebut upaya kolaboratif ini tak cuma dijalankan oleh Polres, tetapi sampai dengan polsek jajaran dan desa di wilayah Kabupaten Nganjuk.

Ia menyampaikan bahwa sejak dimulai "Pamor Keris" secara serentak pada Senin (24/7/2022), seluruh jajaran Polres Nganjuk terus menggalakkan patroli gabungan ini.

 

 

2 dari 2 halaman

Teguran

Kegiatan di Kecamatan Nganjuk Kota yang dipimpin Kapolsek Nganjuk Kompol Baharuddin pada Kamis (27/1/2022) misalnya, diikuti oleh Danramil 0818/01/Nganjuk Kapten Inf. Kustono dan Sekcam Nganjuk Agus Puji Santoso.

Petugas gabungan memberikan teguran dan membagikan masker kepada sejumlah orang yang tidak mengenakan masker di Pasar Sepeda Kelurahan Payaman hingga Jalan Dermojoyo.

Pada hari itu, digelar juga kegiatan serupa di wilayah Loceret bersama Danramil 0810/03 Loceret Kapten INf. R. Endon W serta pemerintah Kecamatan. Patroli yang disebut terakhir ini mengincar pelanggaran protokol kesehatan di sekitar Pasar Krenceng dan dilanjutkan dengan patroli keliling desa Loceret, Godean, serta Ngepeh.

"Upaya menjaga kamtibmas dan mengendalikan penyebaran Covid-19 ini mesti terus kita laksanakan dengan semangat kolaboratif, termasuk menggandeng Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa, dan Bidan Desa sebagai pilar desa. Saat ini penambahan konfirmasi pisitif harian di Kab. Nganjuk pada angka zero, ini harus terus dipertahankan dengan langkah- langkah kolaboratif" kata AKBP Boy Jeckson.

"Inilah yang dimaksud sebagai pendekatan multi-doors dengan sasaran multi-dimensi. Lewat kolaborasi seluruh stakeholder ini tentunya kita berharap kamtibmas di wilayah Nganjuk tetap kondusif sekaligus angka Covid-19 bisa dikendalikan hingga aktivitas masyarakat tidak lagi terganggu dan roda ekonomi tetap berjalan" tuturnya.