Sukses

Unair Buka Lagi Jalur Golden Ticket, Cek Syarat dan Ketentuannya

Calon mahasiswa yang akan mendaftar pada jalur Golden Ticket dapat melakukan pendaftaran mulai 14 Februari 2022 di laman https://eduexpo.unair.ac.id/.

Liputan6.com, Surabaya - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya kembali membuka jalur golden ticket pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

"Golden Ticket bisa didapatkan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi luar biasa di bidang akademik maupun non-akademik," kata Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Unair Achmad Solihin, dikutip dari Antara, Sabtu (11/2/2022).

Prestasi di bidang non-akademik itu, kata Solihin bermacam-macam. Misalnya prestasi inovasi, kewirausahaan, organisasi dan manajerial, kepemimpinan, olahraga, keagamaan, dan prestasi lain yang sesuai dengan pilihan program studi (prodi).

"Untuk bidang keagamaan, salah satunya adalah tahfidz dan penghafal kitab suci semua agama yang diakui di Indonesia. Unair ingin mencari bibit-bibit yang berprestasi melalui jalur itu," katanya.

Calon mahasiswa yang akan mendaftar pada jalur Golden Ticket dapat melakukan pendaftaran mulai 14 Februari 2022 di laman https://eduexpo.unair.ac.id/.

Pendaftaran jalur Golden Ticket bersamaan dengan pendaftaran SNMPTN karena syarat pertama peserta Golden Ticket adalah memilih Unair sebagai perguruan tinggi pilihan pertama pada seleksi SNMPTN.

Syarat selanjutnya adalah peserta menyertakan berkas pendukung prestasi ketika melakukan pendaftaran, dan mengikuti serangkaian kegiatan AEE yang dilaksanakan pada 18-20 Februari 2022.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unair itu menambahkan, prestasi yang dicapai calon mahasiswa harus sesuai dengan prodi pilihannya. Sebagai contoh, prestasi non-akademik di bidang sastra, tidak sesuai jika memilih prodi kedokteran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sesuai Minat

Untuk itu Solihin berpesan kepada calon mahasiswa agar tidak mudah percaya dengan informasi yang belum tentu kebenarannya. Informasi resmi seputar jalur masuk Unair bisa diakses langsung di laman https://ppmb.unair.ac.id/.

Ia juga berpesan kepada calon mahasiswa agar bisa melihat kemampuan diri dan sejauh mana bisa bersaing dengan prodi yang dipilih.

"Pilihlah prodi yang betul-betul diminati. Jika sudah diterima di SNMPTN, sudah tidak ada kesempatan mendaftar SBMPTN," ucap Solihin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.