Sukses

2 Wartawan Abal-Abal Peras Kepala Sekolah di Bondowoso Berujung Bui

Dua orang oknum wartawan di Kabupaten Bondowoso, tertangkap tangan diduga telah melakukan pemerasan terhadap seorang kepala sekolah SDN 2 Sumber Weringin.

Liputan6.com, Bondowoso - Polisi menangkap dua orang mengaku wartawan, FR dan RS, yang memeras kepala sekolah SDN 2 Sumber Weringin Bondowoso.

Mereka meminta uang Rp 5 juta untuk menghapus berita di medianya. Pemberitaan yang digunakan untuk memeras tersebut terkait dugaan pungutan di sekolah yang memicu adanya keluhan dari wali murid siswa terkait  pembagian kartu Indonesia Pintar.

Kapolres Bondowoso AKBP Herman Priyanto menyatakan, jika korban tidak membayar, wartawan tersebut mengancam akan menyebarkan berita yang ditulisnya.

“Kedua wartawan ini meminta uang Rp 5 juta ke korbanya katanya untuk membayar uang ADV (Advertorial). Tapi disertai nada ancaman katanya kalau tidak membayar beritanya yang ditulis terkait pungutan itu akan disebarkan,”ujar Herman Priyanto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ancaman Penjara

Kasat Reskirm Polres Bondowoso AKP Agung Ari Bowo menambahkan,  kedua wartawan  beserta barang bukti telah diamankan di Mapolres Bondowoso untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut.

"Kita amankan barang bukti, selain uang tunai Rp 5 juta juga ada delapan buah ID Card,”katanya.

Atas perbuatanya itu, ke dua pelaku dijerat pasal 368 Subsider pasal 369 KUHP, dengan ancaman hukuman  maksimal 9 tahun penjara. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.