Sukses

Penyebab Kota Madiun Masuk PPKM Level 4, Satu-Satunya di Jatim 

Sesuai data, tingkat keterisian tinggi rumah sakit rujukan COVID-19 di Kota Madiun mencapai sekitar 60 persen, terutama RSUD Kota Madiun dan RSL Asrama Haji.

Liputan6.com, Madiun - Kota Madiun menjadi satu-satunya daerah di Jatim yang saat ini masuk PPKM Level 4 berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2022 per Selasa (23/2/2022).

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan, status PPKM level 4 daerahnya dipengaruhi sejumlah faktor. Seperti tingginya kasus aktif COVID-19 dan tingkat keterisian rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) yang cukup tinggi dalam sepekan terakhir.

"BOR tinggi itu bukan hanya orang Kota Madiun yang menjalani perawatan. Kita punya rumah sakit rujukan delapan. Warga luar kota juga opname ke sini, akhirnya BOR kita jadi tinggi. Tapi tidak apa-apa, semuanya kita rawat dengan baik, harapannya segera sembuh," ujar Maidi dikutip dari Antara, Rabu (23/2/2022).

Sesuai data, tingkat keterisian tinggi rumah sakit rujukan COVID-19 di Kota Madiun mencapai sekitar 60 persen, terutama RSUD Kota Madiun dan RSL Asrama Haji.

Maidi menyatakan secara umum kenaikan kasus COVID-19 tidak hanya terjadi di Kota Madiun. Namun hampir seluruh daerah di Indonesia. Pihaknya akan melakukan evaluasi terkait kenaikan level PPKM di daerahnya tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaji Pembatasan

Soal pembatasan aktivitas masyarakat, Maidi mengklaim akan melakukan pengkajian terlebih dahulu.

Sesuai data, di Kota Madiun kasus COVID-19 hingga Senin (21/2) mencapai 8.424 orang. Dari jumlah itu, 7.344 orang di antaranya telah sembuh, 113 masih dalam perawatan, 401 orang isolasi mandiri, 49 orang isolasi terpadu, dan 517 orang meninggal dunia.

Sedangkan, jumlah konfirmasi baru pada hari Senin (21/2) tercatat 15 orang, sembuh 100 orang, dan meninggal dunia nihil. Sedangkan pelacakan sebanyak 432 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.