Sukses

City Tour di Surabaya, Mahasiswa Asing Unair Kagumi Tugu Pahlawan

Mahasiswa magister Program Studi Epidemiologi itu juga merasa begitu senang mendapatkan kesempatan belajar kesejarahan langsung di tempat-tempat ikonik Kota Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Dua mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Abu Bakar Tarawelly dan Kwayt Nandar Myo Thein menelusuri sejarah Surabaya.

Abu berkesempatan mengenal lebih jauh kesejarahan kota ber-ikon hewan hiu dan buaya ini. Melalui City Tour yang diadakan Airlangga Global Engagement (AGE), Abu bersama mahasiswa internasional lainnya berkeliling Surabaya.

Mahasiswa magister Program Studi Epidemiologi itu juga merasa begitu senang mendapatkan kesempatan belajar kesejarahan langsung di tempat-tempat ikonik Kota Surabaya.

Bersama mahasiswa lain asal Malaysia, Myanmar, Afrika, Tanzania, Ethiopia, Bangladesh, dan Tanzania, Abu mengunjungi tempat bersejarah Kota Surabaya.

“Saya sangat suka di Monumen Tugu Pahlawan. Itu tempat favorit saya,” ujar Abu, Jumat (25/3/2022).

Menurut Abu, bangsa Indonesia memiliki sejarah perjuangan yang heroik. Terutama perjuangannya saat meraih kemerdekaan. Ia juga menjadi tersadar bahwa sangat penting bagi generasi muda untuk menghargai, mempelajari, dan mewariskan perjuangan para pahlawan.

“Justru, inilah yang saya rasa perlu (sejarah bangsa) untuk diajarkan di negara manapun,” katanya.

Seperti halnya dengan Abu, Kwayt Nandar Myo Thein juga merasa sangat menikmati penelusuran sejarah Kota Surabaya melalui City Tour tersebut. Ia juga senang saat di Monumen Tugu Pahlawan.

“Saya sangat senang ketika mengunjungi Klenteng Sanggar Agung di Kenjeran,” ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kota Rindang

Mahasiswa program Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), itu juga sangat terkesan dengan penghijauan di Kota Surabaya. Banyak taman dan tempat rindang di tengah kota.

Itu sangat membuatnya takjub. Mengingat, Kyawt juga merupakan seorang aktivis lingkungan yang peduli dengan penghijauan di perkotaan.

“Surabaya merupakan kota yang rindang. Dan, cukup banyak penghijauan di sini. Saya sangat menyukainya,” ucap Kyawt.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.