Sukses

Segera Pesan, Tiket Mudik Bisa Diperoleh di KAI Daop 8 Surabaya

Luqman mengatakan, perubahan ini dilakukan untuk memberikan ruang bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa angkutan lebaran.

Liputan6.com, Surabaya - PT KAI Daop 8 Surabaya membuka penjualan tiket Kereta Api (KA) pada masa Lebaran di aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

"KAI menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan, sehingga masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan hingga 16 Mei 2022 dan seterusnya," ujar Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif, Jumat (1/4/2022).

Luqman mengatakan, perubahan ini dilakukan untuk memberikan ruang bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa angkutan lebaran.

"KAI mengingatkan kepada calon pelanggan agar teliti dalam memilih tanggal, relasi, dan input data diri, pada saat melakukan pemesanan," ucapnya.

Luqman menyampaikan, rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan menuju ke stasiun. Jangan sampai keliru dan akhirnya tidak bisa mudik Lebaran.

“KAI juga meminta masyarakat mengikuti perkembangan terkait persyaratan menggunakan kereta di masa Lebaran. Kita  sedang menunggu peraturan resminya dan akan segera kami sosialisasikan jika aturan tersebut diterbitkan,” ujarnya.

KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran yaitu H-10 sampai dengan H+10 Lebaran atau 22 April hingga 13 Mei 2022.

"Pada periode tersebut, KAI memprogramkan perjalanan KA rata-rata 39 KA jarak jauh per hari, dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata per hari sebanyak 23.490 tempat duduk KA jarak jauh," ucapnya.

Sesuai aturan dari pemerintah, lanjut Luqman, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kereta Favorit

"Sampai dengan 31 Maret, KAI telah menjual 12.113 tiket KA jarak jauh untuk keberangkatan periode 22 sampai dengan 30 April atau 5,7 persen dari total tiket yang disediakan," ujarnya.

Kereta api favorit masyarakat pada periode tersebut yaitu KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi - Pasar Senen pp, KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi - Gambir pp, KA Gayabaru Malam Selatan relasi Surabaya Gubeng - Pasar Senen pp, KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng - Bandung pp, dan lainnya.

"Adapun tanggal keberangkatan favorit masyarakat yaitu 30 April, 29 April, dan 28 April," ucap Luqman.

"Tiket KA pada masa angkutan lebaran masih cukup banyak tersedia. Masyarakat dapat segera memesan tiket untuk keberangkatan angkutan lebaran melalui berbagai channel penjualan yang tersedia," ujar Luqman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.