Sukses

Emil Dardak: Susunan Pengurus Demokrat Jatim Tuntas Sebelum Lebaran

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menargetkan penyusunan struktur kepengurusan partai akan terbentuk dan diumumkan sebelum Lebaran Idul Fitri.

"Sebelum Lebaran sudah tuntas dan mohon doanya kepengurusan nantinya bisa menjawab sesuai arahan masyarakat," kata Emil Dardak, Jumat (8/4/2022), dikutip dari Antara.

Sejak dipilih langsung oleh Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beberapa waktu lalu, Emil bersama tim formatur langsung bergerak menyusun kepengurusan.

Dia mengatakan, tim formatur tersebut dia ketuai sendiri dan terdiri atas terdiri atas jabatan sekretaris oleh Herman Khaeron dan perwakilan DPD demisioner oleh Agung Mulyono dan Hartoyo.

Selanjutnya, ditambah tiga orang perwakilan dari DPC, yaitu masing-masing Ketua DPC Kota Surabaya Lucy Kurniasari, Ketua DPC Tuban Didik Mukrianto, dan Ketua DPC Trenggalek Mugianto.

Meski sempat ada dinamika menjelang Musyawarah Daerah (Musda) VI Demokrat Jatim pada Januari, Emil optimistis mayoritas kader dan kelompok akar rumput bersikap tegak lurus pada keputusan AHY.

Bahkan, lanjutnya, pengurus di tingkat cabang sampai paling bawah sedang fokus dan solid untuk mempersiapkan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

2 dari 2 halaman

Kader Membelot

Sementara itu, terkait ada kader yang membelot, Wakil Gubernur Jatim tersebut mengaku tidak ingin berpolemik dan menyerahkannya ke DPP.

"Tapi kami juga ingin memastikan bahwa fokus sekarang pada bagaimana roda organisasi berjalan; dan alhamdulillah ada pernyataan-pernyataan yang muncul dan banyak kader yang menegaskan komitmennya siap bekerja untuk partai," katanya.

Dia menegaskan seluruh jajaran kader Partai Demokrat di Jawa Timur selaras dan percaya dengan keputusan AHY.

"Kami juga sudah mengecek ke teman-teman fraksi di legislatif. Alhamdulillah semua tegak lurus dengan keputusan Ketua Umum AHY. Kami juga percaya apa pun keputusan Ketua Umum pasti dilandasi dengan pertimbangan yang baik," ujarnya.