Sukses

Stok Vaksin Covid-19 Aman di Jatim, Segera Booster Sebelum Mudik

Menurutnya, saat ini jumlah stok vaksin di Jatim ada sebanyak 1.071.590 dosis. Vaksin tersebut tersebar di kabupaten kota se Jatim.

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengajak warga segera vaksinasi booster yang dijadikan syarat untuk mudik lebaran.

"Jumlah vaksin kita banyak, tidak perlu khawatir. Jadi kalau memang belum booster, segera ke pelayanan terdekat mumpung masih awal Ramadan. Agar nanti saat waktunya mudik, kita sudah terproteksi," ujarnya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (11/4/2022).

Menurutnya, saat ini jumlah stok vaksin di Jatim ada sebanyak 1.071.590 dosis. Vaksin tersebut tersebar di kabupaten kota se Jatim. Dengan jumlah tersebut Khofifah memastikan akan mampu mencukupi kebutuhan vaksinasi booster bagi masyarakat yang ingin mudik.

Sebab, lanjut Khofifah, vaksinasi menjadi penting dalam menghadapi tradisi mudik yang dilakukan masyarakat di Hari Raya Idul Fitri. Mengingat, dalam prosesnya, setiap orang akan berkumpul dengan sanak saudara, sehingga dibutuhkan perlindungan lebih agar aman dari penyebaran Covid-19.

"Vaksin ini jangan dibilang sebagai satu syarat yang memberatkan. Karena vaksin ini kita lakukan supaya bisa saling melindungi diri kita dan keluarga. Karena kalau orang mudik itu pasti yang disowani terlebih dahulu adalah yang paling sepuh dan paling senior," terang orang nomor satu Jatim itu.

"Itulah yang menjadikan kita harus memberikan perlindungan kepada orang yang kita sayangi lewat vaksinasi. Karena kalau kita ingin berumur panjang, tentu kita juga ingin orang yang kita hormati dan sayangi juga berumur panjang, sehingga tahun depan bisa ketemu lagi. Maka mari kita saling memproteksi diri kita dan lingkungan kita," lanjut Khofifah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa di Kantor Gubernur

Mantan Menteri Sosial itu mengatakan bahwa vaksin telah tersedia dan dapat diakses dengan mudah dari tempat-tempat pelayanan tertentu. Termasuk Puskesmas, masjid, serta lingkungan di Pemerintahan Provinsi Jatim.

Bahkan dikatakan Khofifah, setiap hari di Gedung Binaloka Kantor Gubernur Jatim juga sampai saat ini masih dibuka untuk layanan vaksinasi termasuk booster covid-19.

Maka dari itu, mereka yang ingin melakukan vaksinasi dipersilakan datang langsung ke lokasi. Selain itu, Khofifah menjelaskan, instansi-instansi dan organisasi dapat mengkoordinasikan vaksinasi massal bagi anggota ataupun karyawannya.

"Untuk vaksinasi, bisa langsung mencari Puskesmas terdekat. Di Masjid Al-Akbar tiap malam juga ada. Bahkan di Binaloka dari Senin sampai Jumat selalu ada, jadi kalau belum vaksin bisa langsung ke sana," tuturnya.

"Tapi kalau misalnya teman-teman dari institusi atau organisasi tertentu ingin mengadakan vaksinasi pada Minggu atau Sabtu, ya tidak apa-apa. Pokoknya kita ingin melakukan maksimalisasi percepatan vaksinasi booster," imbuh Khofifah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.