Sukses

BLT Minyak Goreng di Banyuwangi Mulai Disalurkan

Liputan6.com, Banyuwangi - Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng di Banyuwangi mulai disalurkan, Selasa (12/4/2022). Perdana, penyaluran akan dilakukan di Kecamatan Glagah.

Kepala Dinas Sosial PPKB Banyuwangi, Henik Setyorini mengatakan, di Banyuwangi total ada 124.047 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Namun, pemerintah pusat menginstruksikan bila penyaluran perdana hanya dilakukan di Kecamatan Glagah.

"Jadi total masih disalurkan ke 3.589 yang tersebar di Kecamatan Glagah," kata Henik.

Besaran bantuan BLT Minyak goreng yang diterima masing-masing KPM sebesar Rp 100 ribu per bulan. Berlaku 3 bulan terhitung April hingga Juni 2022. Pencairan akan dilakukan sekaligus Rp 300.000 pada April.

Di Banyuwangi penyaluran serentak dilakukan dengan penyerahan Bantuan Sosial Pangan (BSP).

"Yang diserahkan yaitu BSP bulan Mei senilai Rp 200 ribu dan BLT Minyak Goreng mulai April hingga Juni total Rp 300 ribu. Jadi total Rp 500 ribu yang akan diterima besok," ujar Henik.

 

2 dari 2 halaman

Penyaluran Dilakukan di Kantor Desa

Terkait mekanisme penyaluran bantuan, Henik menyebut dananya akan disalurkan melalui PT. Pos Indonesia. Dilakukan terpusat di setiap kantor desa, masyarakat yang terdaftar sebagai KPM dapat langsung mengambilnya.

"Jadi besok petugas PT Pos itu stand by di kantor-kantor desa. Semisal ada warga yang berhalangan hadir maka uang akan diantarkan," tegasnya.

Perihal penyaluran BLT Minyak Goreng secara menyeluruh di Banyuwangi, Henik masih menunggu instruksi pusat. Namun prediksinya sebelum hari raya bantuan akan  rampung tersalurkan.

"Estimasi menyeluruh Insyaallah sampai tanggal 21 April. Besok saya masih rapat lagi di Provinsi," tandasnya.