Sukses

3,6 Juta Warga Jatim Sudah Vaksin Booster, Khofifah: Yang Belum Segera Ikut

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengimbau warga yang belum mendapat suntikan vaksin untuk segera ikut, termasuk untuk vaksin penguat.

Liputan6.com, Surabaya - Satgas Penanganan COVID-19 Jatim di Surabaya mencatat jumlah peserta vaksin dosis tiga atau booster hingga Selasa (12/4/2022) tercatat 3.628.237 orang atau masih 11,4 persen dari target.

Kemudian, untuk jumlah peserta vaksin dosis dua di Jatim mencapai 24.467.527 orang atau 76,88 persen. Sementara untuk dosis pertama jumlah peserta yang sudah disuntik sebanyak 29.294.987 orang atau 92,05 persen.

Di Jatim, dari sekitar 40 juta penduduknya, sasaran vaksinasi berjumlah 31.826.206 orang yang terdiri atas tenaga kesehatan, lanjut usia, petugas publik, masyarakat rentan dan warga umum, usia 12-17 tahun serta anak-anak.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengimbau warga yang belum mendapat suntikan vaksin untuk segera ikut, termasuk untuk vaksin penguat.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu meminta masyarakat tidak khawatir kehabisan karena stok masih aman dan bisa dimanfaatkan untuk melakukan perjalanan mudik menyambut Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Jumlah vaksin banyak dan masyarakat tidak perlu khawatir. Jadi, kalau memang belum suntik dosis tiga, segera vaksin di pelayanan terdekat," katanya.

Saat ini, kata dia, jumlah stok vaksin ada 1.071.590 dosis yang tersebar di kabupaten dan kota se-Jatim.

Menurut Khofifah, masyarakat yang akan memanfaatkan vaksin booster dianjurkan untuk segera mengikuti, sehingga saat mudik sudah terproteksi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Syarat Mudik

Apalagi, lanjut dia, vaksinasi menjadi penting dalam menghadapi tradisi mudik saat Hari Raya Idul Fitri, mengingat dalam prosesnya setiap orang akan berkumpul dengan sanak saudara, sehingga dibutuhkan perlindungan lebih agar aman dari penyebaran COVID-19.

"Vaksin ini jangan dibilang sebagai satu syarat yang memberatkan, sebab dilakukan supaya bisa saling melindungi. Kalau orang mudik itu pasti sowan terlebih dahulu kepada yang sepuh atau paling senior, makanya kita semua harus saling melindungi dan terlindungi," ujarnya.

Mantan Menteri Sosial itu juga mengatakan bahwa vaksin telah tersedia dan dapat diakses dengan mudah dari tempat-tempat pelayanan tertentu, salah satunya di setiap puskesmas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.