Sukses

78 Ribu Tiket Mudik Kereta Daop 9 Jember Ludes Terjual

Liputan6.com, Jember - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah operasional (Daop) 9 Jember mencatat, hingga 12 April 2022, tiket mudik untuk Kereta Api Jarak Jauh telah terjual 78.316 atau 45,2 persen dari total tiket yang disediakan.

Menurut Majaer Humas PT KAI Daop 9 Jember Tohari, Kereta Api favorit masyarakat pada periode tersebut yaitu Kereta Api Sritanjung relasi Ketapang Banyuwangi – Lempuyangan Yogyakarta PP, tanggal keberangkatan favorit masyarakat yaitu 28 April hingga 8 Mei atau H-2 sampai H+5 lebaran.

Tohari mengimbau kepada calon penumpang untuk mencari tanggal dan rute alternatif jika KA yang diinginkan telah habis tiketnya.

Calon penumpang  dapat memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan alternatif perjalanan KA dengan mengombinasikan jadwal kereta dengan sifat persambungan.

"Minat masyarakat untuk mudik pada tanggal dan rute favorit memang cukup tinggi. Meski demikian, secara umum, tiket KA pada masa angkutan lebaran masih cukup banyak tersedia. Relasi relasi tertentu semisal Ketapang – Surabaya Gubeng atau Jember – Surabaya Gubeng masih cukup tersedia,” kata Tohari, Rabu (13/4/2022).

2 dari 3 halaman

Wajib Protokol Kesehatan

PT KAI juga akan memastikan seluruh penumpang menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Tujuannya untuk mencegah penularan Covid-19 pada moda transportasi kereta api di tengah meningkatnya minat masyarakat untuk mudik lebaran 1443 H.

“Syarat untuk mudik naik kereta api di musim pandemi ini sesuai dengan SE Kemenhub Nomor 39 Tahun 2022. Di antaranya penumpang wajib menunjukan sertifikat vaksin booster di aplikasi pedulilindungi, jika masih vaksin kedua dan pertama wajib negative PCR atau rapid test antigen. Selain itu penumpang juga diwajibkan menggunakan masker,” papar Tohari.

Dalam rangka memperlancar proses pemeriksaan, KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi Pedulilindungi untuk memvalidasi data vaksinasi dan hasil tes Covid-19 pelanggan.

“Hasilnya data tersebut dapat langsung diketahui oleh KAI pada saat pemesanan tiket melalui KAI Access, web KAI, dan pada saat boarding,”tambah Tohari

3 dari 3 halaman

Vaksin Gratis

Vaksinasi gratis bagi masyarakat dan pelanggan KA Jarak Jauh juga disediakan di Klinik Mediska Jember. Hal tersebut merupakan hasil dari kerja sama antara KAI dengan Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, dan Dinas Kesehatan setempat untuk mendukung program vaksinasi pemerintah.

“Ke depan, layanan tersebut juga akan disiagakan di berbagai stasiun untuk mendukung program vaksinasi pemerintah,” pungkasnya