Sukses

Hasil Olah TKP Kecelakaan Maut Minibus Vs Truk di Pantura Tuban

Liputan6.com, Tuban - Ditlantas Polda Jatim melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan Traffic Accident Analisis (TAA) untuk mengetahui penyebab kecelakaan maut mobil Toyota Calya dengan truk tronton di Jalur Pantura Jenu, Tuban. 

“Kami dari Ditlantas Polda Jatim, mengecek lokasi kecelakaan menonjol di Jenu. Dimana, tadi malam terjadi kecelakaan antara mobil Calya menabrak kendaraan truk yang sedang parkir," ungkap Kasubdit Gakum, Ditlantas Polda Jatim AKBP Ghatut Bowo S, Senin (18/4/2022).

Tim Ditlantas Polda Jatim mengecek kondisi jalan, dan prasarana di lokasi kejadian. Lalu, pengecekan kendaraan korban yang kondisinya ringsek dibagian depan dan body samping kiri mobil.

Kemudian tim Traffic Accident Analisis melakukan screening di lokasi untuk mendapatkan gambaran terkait kronologi kecelakaan lalulintas yang menewaskan 5 penumpang.

“Kita melaksanakan Traffic Accident Analisis dengan melakukan screening menggunakan alat kami. Gunanya, kita nanti akan mendapatkan gambaran bagaimana kronologi terjadi kecelakaan lalu lintas. Nanti kita akan membuat video dimana kronologinya akan bisa tergambar dalam video,” jelasnya.

Ghatut menjelaskan, posisi korban yang meninggal dunia rata-rata duduk di bangku sebelah kiri. Hal itu terlihat dari kondisi mobil korban rusak parah di bagian kiri hingga belakang.

"Kondisi driver sekarang hanya luka-luka dan bisa dimintai keterangan, tapi kondisinya masih shock,” tambah AKBP Ghatut.

Polisi telah meminta keterangan sejumlah saksi dan pengemudi mobil dan truk tronton. Pemeriksaan itu dilakukan untuk mengumpulkan bukti-bukti sebagai upaya mengetahui secara pasti penyebab kecelakaan lalulintas.

“Kita periksa saksi-saksi maupun driver bagaimana kronologi dan kita kumpulkan alat bukti yang ada. Sehingga bisa kita simpulkan nanti penyebab kecelakaan apa,” tegasnya.

2 dari 2 halaman

5 Tewas

Untuk sementara hasil oleh TKP diketahui penyebab kecelakaan tersebut lantaran kondisi keadaan malam hari, kemudian kurang penerangan dan tidak ada bekas pengereman. Sehingga kendaraan mobil Calya langsung menabrak truk yang sedang parkir.

"Untuk kesimpulannya bagaimana nanti kita kumpulkan semua hasil pemeriksaan. Baik keterangan saksi-saksi maupun pengemudi. Jadi bisa kita simpulkan. Masih kita lakukan penyelidikan,” terangnya.

Sebuah minibus Toyota Calya yang membawa sembilan penumpang wisata religi menabrak truk tronton yang tengah parkir di tepi jalan Pantura, di Desa Purworejo, Kecamatan Jenu, Tuban, Senin dini hari (18/4/2022).

Akibatnya, lima penumpang meninggal dunia. Diantaranya, tiga penumpang meninggal di lokasi kejadian dan dua orang menghembuskan nafas terakhirnya dalam perawatan medis di RSUD dr Koesma Tuban.

“3 orang meninggal dunia di lokasi kejadian, dan dua korban meninggal dalam perawatan di rumah sakit,” ungkap Iptu Eko Sulistyono, Kanit Laka Satlantas Polres Tuban.

Kecelakaan maut tersebut bermula saat rombongan hendak pulang usai usai berziarah di Cirebon. Saat melintas ke jalur Pantura Tuban, mobil yang dikemudikan Mohammad Imron (46) menabrak truk tronton yang sedang berhenti parkir di lokasi kejadian lantaran sopir mobil tidak penuh konsentrasi.

“Mobil berjalan dari arah barat ke timur dengan tidak penuh konsentrasi arah depan, dan menabrak truk tronton,” ungkap Iptu Eko panggilan akrab Kanit Laka Satlantas Polres Tuban.