Sukses

Safari Ramadhan ke Pacitan, Ibas Serahkan Bantuan ke Ponpes Jangkung

Liputan6.com, Pacitan - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menggelar safari Ramadan dan memberikan sejumlah bantuan di dapilnya (Jatim VII). Ibas berkunjung ke Pondok Pesantren Jangkung, Desa Nawangan Pacitan pada Senin, (18/4/22).

Kedatangan Ibas disambut antusias warga sekitar dan para santri. Dia meninjau langsung bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa pembangunan ruang asrama putri yang dikawalnya. Meskipun dalam kondisi berpuasa dengan padatnya kegiatan, Ibas tampak tetap antusias berkeliling meninjau setiap sudut Ponpes.

Ibas berharap kehadiran pondok pesantren dapat menciptakan generasi muda yang mampu menjadi panutan.

“Teruslah belajar agar tetap menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama dan tetap menghormati para pemimpin. Saya menyampaikan hal tersebut untuk selalu mendorong bahwa dunia pendidikan kita harus terus berkelanjutan, tidak boleh terputus," ujarnya.

Ibas juga ikut serta menanam benih kacang bersama para santri dan pengurus Ponpes. Ia juga membagikan beberapa bantuan untuk para santri, para pengurus Ponpes dan juga masyarakat sekitar. Bantuan yang diberikan berupa 500 paket sembako, 200 alquran, serta beberapa kebutuhan Ponpes, seperti jam dinding, papan program, jadwal imsakiyah, dan lain sebagainya.

Ibas berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban rakyat.

"Dua tahun terakhir, sering orang menyebutnya musim pageblug. Banyak musibah, bencana, banyak yang sakit, bahkan ada yang menyebutnya sebagai tahun greges nasional. Sebagai umat muslim, sudah seharusnya kita saling membantu dan terus mendoakan para syuhada yang telah gugur akibat pandemi," kata Ibas.

 

2 dari 2 halaman

Ajarkan Santri Wirausaha

Karidi selaku Ketua Yayasan Pondok Pesantren Jangkung mengucapkan terima kasih atas segala bantuan yang telah diberikan.

"Kami memang sedang membutuhkan bantuan materiil karena saat ini jumlah santri semakin banyak dan sarana-prasarana belum terlalu memadai,” terangnya.

Ponpesnya, selain mengajarkan pendidikan formal dan nonformal, juga mengajarkan para santri berwirausaha di bidang pertanian dan peternakan untuk membangun kemandirian pesantren.

"Seluruh bantuan yang telah diberikan Mas Ibas Insya Allah bisa membantu agar pesantren lebih maju dan berkembang dalam berbagai bidang,” tambah Karidi.