Sukses

Unusa Sumpah 22 Dokter Baru

Sumpah Dokter kali merupakan yang ketiga kalinya dilakukan di FK UNUSA. Untuk periode Februari 2022, seluruh peserta UKMPPD yang di daftarkan first taker, 100 persen lulus.

Liputan6.com, Surabaya - Sebanyak 22 dokter muda lulusan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) diambil sumpah pada Sabtu (23/4/2022).

Dekan Fakultas Kedokteran Unusa Handayani mengatakan, pengambilan sumpah dokter adalah suatu momen yang istimewa, dilakukan setelah peserta program profesi dokter dinyatakan lulus dalam mengikuti Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD).

"UKMPPD adalah ujian terkahir bagi calon dokter untuk memperoleh ijazah dan dapat mengikuti program internship, serta memperoleh surat tanda registrasi dokter. STR ini dibutuhkan oleh lulusan untuk bekerja dan melanjutkan studi," ujarnya, ditulis Senin (25/4/2022).

Sumpah Dokter kali merupakan yang ketiga kalinya dilakukan di FK UNUSA. Untuk periode Februari 2022, seluruh peserta UKMPPD yang didaftarkan first taker, 100 persen lulus.

"Jadi kami patut bersyukur dengan capaian ini, hal ini juga merupakan sebuah prestasi yang membanggakan,” imbuh Handayani.

Dia mengatakan, salah satu tolak ukur keberhasilan dalam mengelola Fakultas Kedokteran adalah mengantarkan para mahasiswa program pendidikan profesi dokter lulus dalam UKMPPD untuk memperoleh surat tanda registrasi dokter.

“UKMPPD Ini pelaksanaannya terpusat secara nasional, sehingga angka kelulusan first taker mempresentasikan proses pembelajaran yang berkualitas,” katanya.

Rektor Unusa Achmad Jazidie menambahkan, ke depan dengan telah beberapa kali meluluskan sarjana kedokteran maupun profesi dokter, Unusa sedang merencanakan untuk mempersiapkan pendidikan dokter spesialis.

Pihaknya masih mengkaji dan menyusun rencana tersebut serta mengusulkan kepada pemerintah dan asosiasi dalam pembukaan pendidikan dokter spesialis.

“Modal kami dengan memiliki tiga rumah sakit termasuk rumah sakit pendidikan utama, di bawah Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (Yarsis) adalah potensi yang tidak terbantahkan untuk menunjang rencana tersebut,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terus Bergerak

Penempatan pendidikan dokter spesialis ini direncanakan di RS Islam Ahmad Yani yang kini sedang dalam tahap pembangunan setinggi 13 lantai.

“Dalam rencana Yarsis di gedung 13 lantai tersebut selain akan digunakan untuk layanan kesehatan juga akan dijadikan sebagai rumah sakit pendidikan sekaligus pendidikan profesi dokter spesialis (PPDS)," ucap Achmad.

"Dalam rencana pengembangan Yayasan, di RS Ahmad Yani itu juga nantinya akan dijadikan pusat pendidikan program pasca sarjana dan pusat pembelajaran digital Unusa,” tambah Achmad.

Rektor mengatakan, Unusa akan terus bergerak vertikal. Artinya, akan mengembangkan program pasca sarjana dan spesialis, dan akan menjadi universitas atau perguruan tinggi kesehatan, karena core bisnis kami sejak awal memang di bidang kesehatan.

“Tentu fakultas atau prodi lain tetap ada, tapi semaksimal mungkin diarahkan untuk mendukung bidang kesehatan,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.