Sukses

Ibas Ikut Panen Pisang Cavendish Ponorogo Siang Bolong Saat Ramadan

 

Liputan6.com, Jakarta - Siang terik di bulan Ramadan tidak menyurutkan semangat Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas bersilaturahmi mendatangi  perkebunan pisang cavendish di Desa Ciluk, Kabupaten Ponorogo. Budidaya pisang cavendish di desa ini dikenal memiliki hasil yang berkualitas premium.

Ibas ditemani para pekebun pisang dan mitranya, serta warga setempat menilik langsung perkebunan pisang cavendish tersebut. Ia bahkan tak sungkan ikut memanen pisang bersama pekebun yang lain. 

“Biasanya berapa ini masa tanamnya sampai bisa dipanen?” tanya Ibas sembari melihat pisang-pisang yang siap dipanen, Minggu (24/4/2022).

“Untuk pisang cavendhis biasanya 9 bulan Mas. Hasil panen ini disalurkan ke kami sebagai mitra yang akan menjualnya,” jawab Rizal, Direktur CV Putri Tani, mitra dari pekebun pisang Desa Ciluk.

“Kalau untuk khasiatnya apa saja ini?” lanjut Ibas.

“Tentu pisang cavendish lebih bagus dari pisang-pisang yang lain Mas. Kandungan alkalinya juga lebih tinggi dari yang lain. Terus tidak mudah mblenyek (lembek), bisa disimpan lama karena buahnya kokoh tebal. Biasanya ini dijual ke pasar, baik internasional maupun nasional,” jawab Rizal.

“Masya Allah, banyak khasiat dan kelebihannya ya ternyata. Katanya alkali itu ampuh untuk mengontrol lemak dalam tubuh dan membantu kesehatan otak. Jadi, budidaya pisang cavendish ini, selain memberikan manfaat untuk perekonomian pekebun, ternyata juga bermanfaat banyak untuk kesehatan kita semua, keren nggih,” imbuh Ibas.

Tak hanya menilik, Ibas juga memberikan aksi nyata kepeduliannya dengan kelompok kebun. Dalam kegiatan ini Ibas menyalurkan bantuan berupa 500 paket sembako untuk petani dan warga Desa Ciluk, serta pupuk, dan alat semprot hama.

Usai melihat kebun pisang, Ibas kemudian menyapa warga yang hadir.

Pripun kabare Bapak-Ibu sedoyo, sae? (bagaimana kabar bapak ibu semuanya, sehat?)” sapa Ibas kepada seluruh masyarakat yang hadir.

“Apa kabar semua? Baik? Kalo baik angkat tangan semua,” imbuh Ibas yang disambut semangat para warga, “Sae, Sehat, puasa”

“Alhamdulillah, ini baru Desa Ciluk yang semangat dan penuh dengan kegembiraan. Walaupun dua tahun meniko banyak yang sakit, banyak yang dipanggil yang mahakuasa karena pandemi COVID-19, saya berdoa dan berharap agar bapak-ibu panjenengan sedoyo semuanya sehat, panjang umur,” sambung ibas.

Kedatangan Ibas ke Desa Ciluk bermaksud untuk terus menjalin silaturahmi yang erat dengan dengan masyarakat. Selain itu, sebagai wakil rakyat Ibas ingin mendengar dan menerima aspirasi secara langsung dari kepala desa, kelompok tani, maupun seluruh warga. Ibas melihat Desa Ciluk memiliki potensi besar dalam berkebun. Ia berharap perkebunan tersebut dapat berjalan dengan produktif dan optimal.

 

 

2 dari 2 halaman

Harga Pupuk

Ibas terus menyuarakan agar tidak ada impor beras saat para petani sedang masa panen. Selain itu, Ia terus mengusahakan agar harga eceran pupuk tidak dipatok terlalu tinggi, terutama untuk pupuk subsidi.

Masih banyak petani yang mengandalkan pupuk subsidi, jika harga jualnya terlalu tinggi petani tidak akan mendapat keuntungan yang maksimal. Ia juga terus mendorong agar setiap kelompok tani memiliki alat pertanian yang modern dan memadai. Dengan demikian, pekerjaan para petani bisa lebih efisien.

Selain bertani, Ibas juga melihat potensi lain di Desa Ciluk, yaitu berkebun buah pisang.

“Kebun pisang memang tidak sebanyak yang bertani, tetapi ini sangat menguntungkan karena dalam setahun bisa 1 – 2 kali panen. Pisang juga merupakan buah-buahan yang sarat akan vitamin dan banyak manfaatnya. Selain di bulan Ramadan bisa diolah jadi kolak, pisang bisa juga jadi sumber energi ketika harus beraktivitas tinggi karena memiliki protein yang baik,” ujar Ibas.

Jumangin selaku pemilik kebun pisang cavendish merasa senang atas kunjungan dan bantuan yang diberikan Ibas.

“Maturnuwun, Mas Ibas, semoga Mas Ibas bisa terus membantu dalam usaha pisang cavendish, bisa mendapat harga yang terjangkau. Semoga segala bantuan Mas Ibas bisa menjadi barokah dan keberkahan di bulan Ramadan,” doa Jumangin.