Sukses

Pemprov Jatim Sediakan 10 Armada Bus Mudik Gratis dari Jakarta

Detail rute tujuan mudik dari Jakarta ke Jatim yang disediakan meliputi rute Jakarta-Pacitan disediakan dua bus, Jakarta-Ponorogo-Magetan-Madiun-Ngawi satu bus, Jakarta-Kertosono-Nganjuk disediakan satu bus, Jakarta-Lamongan-Tuban-Bojonegoro disediakan satu bus.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Provinsi Jawa Timur memfasilitasi warga setempat yang tinggal di Jakarta untuk mudik gratis menggunakan bus dengan tujuan 15 daerah.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan adanya mudik bareng dari Jakarta ke Jatim sengaja dibuka lantaran banyak warganya yang merantau di Ibu Kota.

"Ini sekaligus guna memudahkan para perantau Jatim pulang ke kampung halaman. Semoga bermanfaat dan semoga selamat sampai tujuan," ujarnya di Surabaya, Minggu (24/4/2022), dilansir dari Antara, 

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut menjelaskan mudik bareng dari Jakarta ke Jatim akan dilaksanakan pada 26 April 2022 dengan titik keberangkatan dari Masjid Agung At-Tin di kawasan Taman Mini.

Program mudik bareng gratis dari Jakarta ke Jatim ini menyediakan 10 bus dengan perkiraan jumlah penumpang yang mengikuti mudik sekitar 400-an orang.

Detail rute tujuan mudik dari Jakarta ke Jatim yang disediakan meliputi rute Jakarta-Pacitan disediakan dua bus, Jakarta-Ponorogo-Magetan-Madiun-Ngawi satu bus, Jakarta-Kertosono-Nganjuk disediakan satu bus, Jakarta-Lamongan-Tuban-Bojonegoro disediakan satu bus.

Kemudian, Jakarta-Tulungagung-Kediri-Blitar disediakan sebanyak satu bus, Jakarta-Surabaya-Madura dua bus, Jakarta-Malang satu bus, dan Jakarta-Jember-Pasuruan-Probolinggo disediakan satu bus.

"Bagi warga masyarakat yang mengikuti program mudik bareng dari Jakarta ke Jatim juga dipastikan gratis alias bebas biaya. Syarat utamanya sudah disuntik vaksin booster serta berkas pendukung yang dibutuhkan KTP dan KK," ucapnya.

 

* Fakta  atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurangi Beban Masyarakat

Menurut gubernur perempuan pertama di Jatim itu, adanya program mudik gratis ini diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat, sekaligus mengurangi beban jalan karena volume kendaraan di jalan raya menjadi lebih longgar sehingga mampu mengurangi kemacetan.

Dengan adanya mudik gratis, diharapkan volume kendaraan lebih sedikit sehingga mampu mengurai tingkat kemacetan.

"Semoga program ini dapat dimanfaatkan masyarakat perantau di Jakarta untuk bisa mudik ke kampung halaman dan bertemu keluarga. Dan bagi yang belum vaksin booster bisa segera melengkapi dosis vaksinasinya," kata Khofifah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.