Sukses

Khofifah Berangkatkan Kapal Pemudik dari Pelabuhan Jangkar Situbondo ke Sumenep

Liputan6.com, Situbondo - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas keberangkatan ratusan pemudik yang menggunakan jasa angkutan kapal feri dari Pelabuhan Jangkar Situbondo menuju Pulau Raas Sumenep, Rabu (27/4/2022).

"Kami berharap, seperti Pak Kapolri bilang, mudik yang aman dan sehat. Kalau saya menambahkan aman, sehat, lancar dan selamat," kata Gubernur Khofifah.

Menurut Khofifah, untuk keselamatan pemudik yang menggunakan jasa kapal laut tentunya juga sudah dilakukan cek kelaikan armada kapal feri sebelum diberangkatkan oleh kesyahbandaran setempat.

"Saya rasa kawan-kawan (wartawan) bisa membedakan Pelabuhan Jangkar tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya, sekarang di pelabuhan ini sudah dikembangkan menjadi dermaga gerak sehingga kendaraan (naik ke kapal) aman," tuturnya.

Khofifah mengemukakan sebanyak 169 Pos Pengamanan (Pospam) dan 49 Pos Pelayanan (Posyan) se-Jatim pada arus mudik/balik Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Mengenai pos terpadu (arus mudik/balik), kami sudah melaksanakan rapat koordinasi lintas sektor, dan tiga hari yang lalu kami rakor di Kota Batu (Malang), yang juga dihadiri Pangdam V Brawijaya, Kapolda, Koarmada," tambahnya

Selain didirikan pos pengamanan dan pos pelayanan di wilayah Jatim, juga terdapat 23 titik tempat peristirahatan bagi para pemudik pada momen Lebaran tahun ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

2 dari 3 halaman

Tes Covid-19

Katanya, 23 titik tempat istirahat (rest area) pemudik itu juga sekaligus menjadi ada petugas random swab test Covid-19. Di tempat itu petugas melakukan tes antigen secara acak

"Jika ada yang hasil tes antigen reaktif, selanjutnya akan dilakukan tes usap berbasis PCR. Misal ada yang positif dan tidak bergejala akan diminta atau dirujuk ke puskesmas terdekat. Tapi kalau gejala sedang hingga berat dirujuk ke puskesmas terdekat," ujar mantan Menteri Sosial itu.

Gubernur Khofifah menambahkan, call center yang sudah disiapkan sudah didistribusikan ke seluruh bupati/ wali kota se-Jawa Timur dan tim forkopimda.

"Supaya terkonfirmasi bahwa pelayanan kita se-terpadu mungkin, semaksimal mungkin dengan konektivitas sebaik mungkin," katanya.

3 dari 3 halaman

Cek Fasilitas

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan Arus mudik di Pelabuhan Jangkar  sudah berjalan dengan baik dan lancer. Berbagai fasilitas untuk pemudik disiapkan, termasuk menyediakan layanan vaksinasi ketiga atau boster.

"Alhamdulillah persiapan arus mudik Lebaran di Pelabuhan Jangkar sudah berjalan dengan baik. Kami juga memfasilitasi berbagai hal, termasuk menyediakan layanan vaksinasi ketiga (booster) bagi pemudik di pelabuhan," katanya.

Dari pantauan, sebelum melepas keberangkatan kapal feri, Gubernur Khofifah memberikan bingkisan Lebaran kepada para pemudik. Gubernur juga mengecek fasilitas kapal feri rute Pelabuhan Jangkar Situbondo ke Pulau Raas itu.