Sukses

Harga Daging Sapi Naik Jadi Rp110 Ribu di Pasar Tradisional Gresik Jelang Lebaran

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Gresik saat inspeksi mendadak ke sejumlah pasar tradisional dan swalayan membenarkan adanya kenaikan sejumlah komoditas itu.

Liputan6.com, Gresik Harga kebutuhan di sejumlah pasar Kabupaten Gresik, Jawa Timur mulai naik menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri  2022. Salah satunya harga daging sapi yang sebelumnya Rp102 ribu menjadi Rp110 ribu per kilogramnya.

Salah satu pedagang daging di Pasar Baru Gresik mengatakan bahwa kenaikan harga itu dipicu dengan tingginya permintaan masyarakat jelang Lebaran.

Ia mengatakan, selain daging sapi, kenaikan juga terjadi pada ayam broiler yang rerata kenaikannya mencapai Rp5 ribu dan ayam potong naik dari Rp38 ribu menjadi Rp40 ribu rupiah per kilogram.

"Hampir semua komoditas memang terjadi kenaikan, seperti cabai rawit naik seribu rupiah dari Rp23 ribu menjadi Rp24 ribu. Kenaikan juga terjadi pada cabai besar dari Rp27 ribu menjadi Rp32 ribu rupiah," katanya, Rabu (27/4/2022), dilansir dari Antara.

Pedagang lain, Huda, mengaku bahwa kenaikan harga sejumlah komoditas terjadi sejak tiga hari lalu,. Namun stok barang masih normal, termasuk untuk stok minyak goreng curah maupun kemasan.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Gresik saat inspeksi mendadak ke sejumlah pasar tradisional dan swalayan membenarkan adanya kenaikan sejumlah komoditas itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komoditas Lain

Kebutuhan lain juga mengalami kenaikan harga. "Kami tanya ke beberapa pedagang ada sedikit kenaikan harga, seperti daging ayam, telur, bawang merah dan cabai merah besar, namun masih relatif stabil," katanya.

Untuk minyak goreng, kata Bu Min (sapaan akrab Wabup Gresik), sudah cenderung turun karena adanya antisipasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena harga dan stok kebutuhan pokok aman hingga Lebaran. Semoga saja semua bahan kebutuhan pokok baik dari stok dan harga ini dalam keadaan aman dan relatif stabil,” tutur Bu Min.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.