Sukses

Jangan Ketinggalan, Salat Id di Taman Surya Balai Kota Surabaya Digelar Tahun Ini

Untuk pelaksanaan Salat Id di Taman Surya tetap menunggu pengumuman atau keputusan resmi dari Pemerintah berdasarkan sidang isbat.

Liputan6.com, Surabaya - Setelah dua tahun sebelumnya ditiadakan karena pandemi COVID-19, salat Idul Fitri atau Salat Id berjamaah kembali digear Taman Surya Balai Kota Surabaya tahun ini.

"Semoga tidak ada perbedaan waktu pelaksanaan antara NU dan Muhammadiyah," kata Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Surabaya Arief Boediarto, Jumat (29/4/2022).

Untuk pelaksanaan Salat Id di Taman Surya tetap menunggu pengumuman atau keputusan resmi dari Pemerintah berdasarkan sidang isbat.

Saat ini, pihaknya mulai menyiapkan sejumlah kebutuhan Salat Id di Taman Surya, termasuk berkoordinasi dengan Perangkat Daerah (PD) terkait mengenai pengawasan dan pengamanan selama pelaksanaan Salat Id.

"Karena ini kan Salat Id pertama di Taman Surya, usai dua tahun vakum. Kami juga sudah minta bantuan pengamanan teman-teman Satpol PP, BPBD, Bakesbangpol, maupun Dinas Kesehatan. Semoga berjalan dengan lancar," ujar dia seperti dikutip dari Antara.

Bahkan, Arif menyebut, pada Minggu 1 Mei 2022, pihaknya bersama Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur bakal menentukan arah kiblat. Termasuk pula, pembuatan saf atau barisan jamaah saat Salat Id di Taman Surya.

Menurut dia, dikarenakan Shalat Id di Taman Surya sempat vakum dua tahun, tentu saja Pemkot Surabaya telah mengantisipasi sejumlah kemungkinan tingginya antusiasme warga yang datang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Prokes

Untuk itu, Arief menyatakan, bahwa Jalan Yos Sudarso Surabaya bakal menjadi alternatif apabila Taman Surya melebihi kapasitas jamaah.

"Apabila tidak cukup, kami tarik ke Jalan Yos Sudarso. Tapi itu hanya rencana cadangan. Kalau di Taman Surya masih cukup, Alhamdulillah," kata dia.

Selain itu, Arief juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya warga yang berencana melaksanakan Salat Id di Taman Surya agar tetap memperhatikan protokol kesehatan dan keamanan diri serta lingkungan. Utamanya, bagi para setiap orang tua yang datang bersama anak-anaknya.

"Bagi yang keluarga atau para orang tua, anak-anaknya tolong dijaga agar tidak jalan sendiri. Rencananya, Pak Wali Kota (Eri Cahyadi), Insya Allah juga Shalat Id di Taman Surya," ujar dia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.