Sukses

Tim Kalong Bikin Warga Jember Mudik Tanpa Was-Was, Apa Itu?

Liputan6.com, Surabaya - Warga Jember bisa mudik dengan aman selama libur Lebaran. Polres Jember menerjunkan Tim Kalong untuk menjaga permukiman warga.

Menurut Kasatreskrim Polres Jember AKP Dika Hardiyan Wiratama, Tim Kalong berada di bawa kendali Satreskrim Polres Jember. Tim ini akan berpatroli di beberapa kawasan perumahan dan perkampungan.

“Saat mudik biasanya kawasan perumahan jadi sepi, bisa menimbulkan kerawanan baru, seperti pencurian dan tindakan kriminalitas lainnya,” ujarnya, seperti yang dikutip dari Antara, Minggu (1/5/2022).

Nama kalong dipilih karena memiliki hewan kalong atau kelelawar besar memiliki indera penglihatan dan penciuman yang kuat pada malam hari. Ia berharap Tim Kalong bisa mendeteksi tindak pidana di masyarakat selama libur Lebaran.

Ia juga meminta warga yang meninggalkan rumah untuk bepergian dalam kurun waktu tertentu bisa melapor ke polisi melalui media sosial atau pun langsung. Tujuannya, mempermudah tim menjaga atau patroli di wilayah yang kosong akibat ditinggal mudik.

Tidak hanya Tim Kalong, Polres Jember membantu warga yang mudik dengan menerima penitipan sepeda motor pada masa libur Lebaran 2022 yang berlaku mulai 29 April hingga 9 Mei 2022. Lokasi penitipan berada di Lapangan Tembak Sumbersari Jalan Letjen Panjaitan 46, Kecamatan Sumbersari, Jember.

 

Saksikan video pilihan berikut ini: